Politik Pemerintahan

Debat Putaran III Pilkada Jember

Cabup Hendy Siswanto: Jember Tak Punya RDTR, Investor Takut

Jember (beritajatim.com) – Calon bupati Hendy Siswanto menegaskan, Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, wajib membuat rencana detail tata ruang (RDTR). Dengan RDTR, masyarakat Jember akan terayomi dalam berusaha dan melakukan sesuatu.

“Kalau kita segera punya RDTR, kita yakin mau berusaha apapun, mau mengembangkan apapun akan terjamin. Dan di Jember saat ini belum punya RDTR itu. Ini persoalan buat kita semua,” kata Hendy, dalam debat publik putaran ketiga Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Jember, di Surabaya, Selasa (1/12/2020) malam.

“Bagaimana kita berani membangun apapun dengan berdasar RTRW saja (Rencana Tata Ruang Wilayah). Kurang. Harus ada RDTR. Kalau ini RDTR ini tak ada, yang dirugikan sektor pertanian, sektor pariwisata, sektor perikanan, dan yang paling penting industri. Industri kita ini tidak tidak jelas, mau dibangun di mana,” kata Hendy.

Ketidakjelasan ini mengakibatkan investor takut. “(Investor berkata) kalau kami membangun di satu tempat akan bermasalah di tempat lain,” kata Hendy dalam debat bertema memperkokoh NKRI dan menyelaraskan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dan provinsi dengan nasional ini.

Hendy mengatakan, jika terpilih akan segera menuntaskan RDTR. “Karena itu tanggung jawab bupati dan legislatif,” katanya. [wir/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar