Politik Pemerintahan

Debat Publik Putaran I Pilkada Jember 2020

Cabup Abdus Salam: Pertanian, Ibu Kandung Perekonomian Jember

Jember (beritajatim.com) – Calon bupati Abdus Salam dan calon wakil bupati Ifan Ariadna berjanji akan menegakkan tata kelola pemerintahan yang adil di Kabupaten Jember, Jawa Timur, jika terpilih dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. Mereka akan memperhatikan sektor pertanian.

“Grand design pengelolaan sumber daya ekonomi harus komprehensif, adanya keterkaitan antarsektor, antarprogram, antarpelaku, dan antardaerah,” kata Salam, dalam debat kandidat pemilihan kepala daerah Kabupaten Jember putaran pertama di Studio JTV, Surabaya, Minggu (15/11/2020) malam. Debat mengambil tema “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat dan Memajukan Daerah di Tengah Pandemi Covid 19”.

Desain besar ini melibatkan partisipasi aktif semua pihak. Salam berjanji meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, meningkatkan layanan pendidikan berkualitas, dan meningkatkan akses dan mutu layanan kesehatan.

Menurut Salam, sumber daya alam dimanfaatkan dengan memperhatikan kondisi geografis, demografis, dan topografi Kabupaten Jember. “Secara historis, pertanian adalah ibu kandung perekonomian Jember. Maka kita perlu memberi perhatian lebih untuk pertanian,” katanya.

“Semua sudah tahu Jember adalah salah satu lumbung pangan di Jatim. Tapi Jember juga punya perkebunan, sektor kelautan, di mana jika ini dikelola profesional dan baik serta transparan akan bisa memberikan peningkatan daya saing,” kata Ifan.

Menurut Ifan, salah satu solusinya adalah membuat badan usaha milik daerah di bidang pangan, pertanian, dan kelautan yang bisa memberi nilai lebih pada produk petani. [wir/ted]





Apa Reaksi Anda?

Komentar