Politik Pemerintahan

C1 Plano Jadi Kunci Penyelesaian Perselisihan Suara

Jember (beritajatim.com) – Ada sejumlah hitung ulang suara dengan melihat C1 plano tempat pemungutan suara dalam rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Kami sudah menginstruksikan untuk buka kotak atau lakukan hitung ulang. Dasar kami adalah C1 plano bukan C1 hologram,” kata Ketua Bawaslu Jember Tobroni Pusaka.

C1 plano adalah dokumen berisi hasil perhitungan suara di tingkat TPS yang didasarkan pada jumlah surat suara yang masuk, baik yang sah maupun tidak. “Jadi kalau misalkan ada perbedaan antara saksi dengan KPPS (Kelompok dan PTPS, silakan langsung rekomendasikan buka kotak untuk melihat C1 plano. C1 hologram kan dasarnya juga C1 plano,” kata Tobroni.

Sejumlah rekap yang mengharuskan hitung ulang dengan melihat C1 plano ada di Kecamatan Silo, Pakusari, Sumberbaru, Puger, Ajung, dan beberapa kecamatan. “Tidak semua desa memang,” kata Tobroni.

Kendati menjadi kunci penting, ternyata di sejumlah tempat pemungutan suara saat Hari-H pencoblosan terdapat kekurangan C1 plano. “Kami sudah berkoordinasi dengan KPU dan kata KPU sedang dicetak. Teman-teman di bawah sudah kelelahan. Akhirnya kami beri solusi meminta tetap ada C1 plano walau pakai kertas manila,” kata Tobroni. (wir/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar