Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bus Trans Jatim Resmi Beroperasi di Gresik

Foto/ilustrasii

Gresik (beritajatim.com) – Transportasi moda darat terintegrasi, bus Trans Jatim resmi beroperasi di Gresik. Angkutan terintegrasi itu membuka pelayanan secara efektif pada Sabtu (20/8/2022). Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah melaunching transportasi umum itu di Sidoarjo. Kemudian, armada meluncur ke daerah masing-masing.

Namun sampai sore, halte-halte di Gresik masih tampak sepi. Tempatnya pun masih kotor berdebu lantaran belum ada aktivitas di sana. Memang, armada Trans Jatim baru berangkat dari Sidoarjo menuju ke Gresik sekitar pukul 17.00 WIB. “Sebetulnya langsung menerima penumpang, sekalian berangkat ke Gresik,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Gresik Tarso Sugito, Jumat (19/8/2022).

Perjalanan dari Sidoarjo hingga ke Gresik menempuh waktu selama 2 jam. Bus tersebut tiba di Terminal Bunder pukul 19.00 WIB. Sesuai rencana, bus tersebut juga bakal langsung beroperasi hingga jam pelayanan selesai sampai pukul 21.00 WIB.


Tarso menambahkan, untuk pelayanan secara penuh bakal dimulai Sabtu pukul 05.00 WIB. Bus pertama berangkat dari Terminal Bunder menuju ke Terminal Porong, Sidoarjo. Kemudian, untuk jam pelayanan terakhir pada pukul 21.00 WIB. “Saat jam padat, setiap 15 menit sekali bus sampai di halte,” imbuhnya.

Meski sudah beroperasi, sejumlah fasilitas penunjang masih belum lengkap, semisal area penitipan sepeda motor. Untuk sementara ini, para pengguna jasa Trans Jatim bisa memanfaatkan penitipan sepeda motor di area sekitar. “Untuk penumpang yang menggunakan motor yang hendak naik dari halte di RSUD Ibnu Sina, bisa dititipkan di tempat parkir di situ,” ungkap Tarso.

Tarso mengaku, pihaknya dalam waktu dekat akan segera berkoordinasi dengan warga di sekitar halte. Nantinya, halte yang belum memiliki penitipan sepeda itu akan dibuka oleh warga setempat. “Segera kami atur dengan warga agar penumpang juga tenang karena motornya sudah dititipkan,” tandasnya. [dny/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar