Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Enam Perangkat Daerah Dijadikan Tiga

Bupati YES: Penyederhanaan Birokrasi Lamongan

Bupati YES saat melantik 269 pejabat di Ruang Pertemuan Gajah Mada, Lamongan, Senin (3/1/2022)

Lamongan (beritajatim.com) – Mengawali kinerja tahun 2022, Bupati Yuhronur Efendi mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan kinerja dan prestasi ASN (Aparatur Sipil Negara) di Kabupaten Lamongan.

Hal tersebut, ia ungkapkan saat melantik 14 pejabat dengan jabatan JPT (Jabatan Pimpinan Tinggi) Pratama, 49 pejabat dengan jabatan administrator, dan 206 pejabat pengawas, di Ruang Pertemuan Gajah Mada, Lamongan, Senin (3/1/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Bupati YES tersebut, pelantikan kali ini merupakan tanda diberlakukannya penyederhanaan birokrasi/organisasi di Lamongan, sesuai Perda Kabupaten Lamongan nomor 5 tahun 2016.

Diketahui, Perda tersebut berisi tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan, sebagaimana telah diubah dengan Perda Kabupaten Lamongan nomor 18 Tahun 2019. “Pelantikan ini juga merupakan tanda mulai berlakunya penyederhanaan organisasi, khususnya untuk 6 perangkat daerah yang digabung menjadi 3,” ungkap Bupati YES dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati YES menyebut, 6 perangkat daerah yang digabungkan ini yakni Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah dengan Badan Penelitian dan Pengembangan menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Lalu Dinas Kearsipan dengan Dinas Perpustakaan yang digabung menjadi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. Serta Dinas Ketahanan Pangan dengan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan yang digabung menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

“Kepada seluruh pejabat, lebih-lebih yang baru saja dilantik, mari memotivasi diri untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan diri guna menghadapi tantangan tugas, dan mendukung berbagai kebijakan strategi, serta program pembangunan Lamongan ke depannya,” pesannya.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Lamongan ini juga mengajak para pejabat yang baru saja dilantik agar terus mengasah kapabilitas dan kemampuannya dengan cara apapun, sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas.

“Mari kita berpikir ulet, aktif, kreatif, inovatif, berjiwa sosial tinggi, serta tanggap. Untuk terus mendewasakan diri dalam menghadapi tantangan-tantangan pekerjaan, dan juga untuk mencapai kinerja yang memuaskan. Kinerja untuk pelayanan publik yang berkualitas dan lebih baik lagi,” ajaknya.

Sekadar diketahui, dari total 269 pejabat yang dilantik, 3 pejabat dengan jabatan pimpinan tinggi pratama merupakan pejabat yang diangkat setelah mengikuti tes (assessment) kompetensi seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama (eselon 2).

Tiga pejabat tersebut yakni Farah Damayanti Zubaidah dengan jabatan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Edy Yunan Achmadi menjabat Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, juga Yuli Wahyuono yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan.

Selanjutnya, juga mengangkat Achmad Edwyn Anedi kedalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri, menggantikan Sugeng Widodo yang dilantik menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamongan. [riq/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar