Politik Pemerintahan

Bupati YES Ajak Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan di Tengah Pandemi Covid-19

Bupati YES saat memberikan Pembekalan KKN Tematik Covid-19 kepada Mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Selasa (3/8/2021).

Lamongan (beritajatim.com) – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES) mengajak mahasiwa untuk menjadi agen perubahan di tengah masyarakat. Menurutnya hal ini sangatlah penting, terutama saat masyarakat tengah menghadapi situasi yang sulit akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut disampaikan Bupati YES saat memberikan Pembekalan KKN Tematik Covid-19 Mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum (Unisda) Lamongan, Selasa (3/8/2021).

“Saya mengajak mahasiswa untuk terjun ke masyarakat menjadi agen perubahan, ikut serta mensosialisasikan, dan mengajak masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes), karena ini adalah sebuah hal yang diperlukan dan dibutuhkan untuk menyelamatkan diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ungkap Bupati YES.

Selain itu, Bupati YES juga menyampaikan apresiasinya terhadap tema KKN yang diusung pada tahun ini, yakni KKN Tematik Covid-19 yang mana nanti dalam pelaksanaannya mahasiswa akan diterjunkan langsung ke desa masing-masing untuk menggali potensinya.

“Saat ini, Pemerintah Daerah sedang melakukan upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Saya berharap melalui KKN ini mahasiswa dapat menggali potensi di desa masing-masing, karena saya yakin setiap desa memiliki potensi dan keunikan masing-masing,” ungkap Bupati YES.

Lebih lanjut, Bupati YES juga berharap, bahwa tulisan hasil KKN ini dapat segera dibukukan dan bisa dijadikan literasi untuk Pemerintah Kabupaten Lamongan, baik literasi umum maupun digital.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Rektor Unisda Ainul Masruroh menyampaikan, bahwa dengan adanya KKN ini bidang akademis ikut mendukung program Pemerintah Daerah, bersinergi dan berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi sosial masyarakat Lamongan.

“Tema KKN ini sengaja diambil di tahun ini guna mendukung program pemerintah untuk pemulihan ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas sosial membuat banyak masyarakat kehilangan mata pencaharian, sehingga roda ekonomi dikhawatirkan berhenti. Mahasiswa di sini hadir untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, serta memberikan sumbangsih pemikiran dan tenaganya,” terang Ainul Masruroh.

Dari informasi yang dihimpun, KKN Tematik Covid-19 Mahasiswa Unisda ini terdiri dari 33 kelompok yang diikuti oleh 435 mahasiswa. Pemberangkatan dilaksanakan secara online dan dihadiri oleh Bupati YES untuk memberikan pembekalan kepada para mahasiswa tersebut.[riq/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar