Politik Pemerintahan

Bupati Trenggalek Minta Desa Fokus Siapkan Desa Wisata

Trenggalek (beritajatim.com) -Bercita-cita memiliki 100 Desa Wisata menarik di daerahnya, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin minta desa fokus menyiapkan desa wisata. Bupati muda ini meyakini, pemulihan ekonomi di masa pandemi akan tergerak melalui sektor pariwisata.

“Kita meyakini, pemulihan ekonomi di masa pandemi di sektor pariwisata. Karena sektor yang cukup terdampak juga sektor pariwisata,” tuturnya saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Desa Wisata di Trenggalek, Kamis (29/4/2021).

Tidak ingin FGD ini hanya sekedar menjadi ajang ketemu biasa, Bupati Arifin meminta ada komitmen dari semua kepala desa yang hadir menegaskan komitmennya.

Dengan begitu semua desa wisata yang ada bisa dikemas menjadi satu kesatuan yang layak jual.

Baca Juga:

    Menurut pemimpin muda ini, kebangkitan sektor pariwisata ini tinggal bagaimana cara pengemasan. Berbagi ide dan pengalaman mantan pengusaha di sektor peralatan rumah tangga ini mencotohkan pariwisata berbasis pesanan.

    Wisata berbasis pesanan, cukup ideal untuk dijual, pasalnya orang berwisata saat pandemi ingin terjamin keamanannya. Dengan terbatas keamanan bisa lebih terjamin, selain itu ruang privat mereka juga terjaga.

    Kemasan lebih menarik dan unik juga ditekankan oleh suami Novita Hardini ini, dengan begitu desa wisata ini lebih menarik dan layak jual.

    Dicontohkan juga oleh pria yang akrab disapa Gus Ipin itu, “misalnya wisata air terjun, kombinasikan dengan pertunjukan musik tradisional di bawah air terjun itu, sehingga ada kesan lebihnya,” jelasnya.

    Dengan keberadaan desa wisata diharapkan muncul kesempatan ekonomi bagi masyarakat sekitar. Pariwisata pilihan tepat ungkit perekonomian yang aman covid.

    Apalagi Desa Wisata ini juga menjawab tantangan FDGis yang ada. “Pilar utama SDGis adalah ekonomi, lingkungan, sumberdaya manusia dan kerjasama. Dengan satu fokus desa wisata ini maka pilar pilar FDGis tersebut bisa terpenuhi,” lanjutnya. [nm/but]


    Apa Reaksi Anda?

    Komentar