Politik Pemerintahan

Kisah Persahabatan Masa Kecil

Bupati Terpilih Suka Ambil Mangga di Rumah Plh Bupati Jember

Pelaksana Harian Bupati Jember Hadi Sulistyo dan Wakil Ketua DPRD jember Ahmad Halim (membelakangi) [foto: Setwan DPRD Jember]

Jember (beritajatim.com) – Nama adalah doa, dan Hadi Sulistyo ditakdirkan kembali ke tanah kelahirannya, Kabupaten Jember, Jawa Timur sebagai bupati walau hanya berstatus pelaksana harian selama sepuluh hari.

Dia mengawal masa transisi pemerintahan daerah untuk sahabatnya yang terpilih menjadi bupati, Hendy Siswanto.

Kisah pesahabatan dengan Hendy ini terungkap saat pertemuan Hadi dengan pimpinan DPRD Jember, Kamis (18/2/2021).

“Beliau (Hadi) orang Jember. Orang tua beliau mantan camat di sini. Nama beliau Hadi Sulistyo. Kalau sudah memanggil beliau dengan nama ‘Sulis’ berarti teman mulai SD sampai SMA,” kata Wakil Ketua DPRD Jember Ahmad Halim.

“Beliau berteman dengan bupati terpilih di SD Negeri Sawahan IV. Bercandaannya: Pak Hendy sering lewat depan rumah Pak Hadi dan mengambil mangga di pohon,” kata Halim.

Nama Hadi juga punya arti. “Ayah beliau mengidolakan Bupati Abdul Hadi. Tidak tahunya betul-betul jadi bupati walau sepuluh hari, dan fotonya dipampang di aula PB Sudirman bahwa beliau betul-betul pernah jadi bupati. Kalau dulu yang terkenal Abdul Hadi, sekarang Hadi Sulistyo yang akan mengembalikan normalisasi birokrasi,” kata Halim.

Hadi adalah alumnus Fakultas Pertanian Universitas Jember. Setelah lulus pada 1986, dia bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur. Saat ini dia menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur.

Hadi memiliki rumah di kawasan belakang Hotel Java Lotus, Tembaan, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates. “Rumah saya masih ada perbaikan. Rumah saya kosong,” katanya.

Namun Hadi selama menjadi pelaksana harian bupati akan bertempat tinggal di Pendapa Wahyawibawagraha. “Kan sudah tidak ada bupatinya. Saya punya hak tinggal di sana juga. Kecuali waktu pilkada ada bupatinya,” katanya. [wir/ted]



Apa Reaksi Anda?

Komentar