Politik Pemerintahan

Bupati Sugiri Upayakan Solusi Sampah dari Hulu ke Hilir

Ponorogo
Bupati Sugiri Sancoko (Foto: Endra Dwiono/Beritajatim.com)

Ponorogo (beritajatim.com) – Permasalahan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Mrican, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo merupakan akumulasi dari permasalahan sejah puluhan tahun silam.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menanggapi protes mahasiswa dan warga setempat beberapa waktu lalu. Sugiri mengaku sejak awal memimpin, dia sudah memikirkan betul solusi untuk sampah ini.

“Permasalahan sampah ini merupakan akumulasi dari puluhan tahun silam dan saya minta harus tuntas tahun ini. Jadi jangan hanya mengutuk kegelapan atau memaki, tetapi harus bersedih secara pribadi,” kata Sugiri, ditulis Jumat (19/5/2023).

Sugiri berupaya mengurangi permasalahan sampah itu dari hulu ke hilir. Di tingkat hulu atau rumah tangga harus diolah.

Karena itu, dia membuat program biopori dan komposting. Sehingga sejak dari hulu sudah ada upaya penguraiannya.

“Kalau tidak dilakukan itu, beban di hilir (TPA) sangat berat,” katanya.

Dia mengajak masyarakat sama-sama bertanggung jawab dalam upaya hidup bersih. Jangan berkoar-koar dulu, kalau pribadinya belum bisa menerapkan hidup bersih.

Baca Juga:
Kemenag Ponorogo Tambah 124 Kuota Haji Cadangan

Permasalahan sampah dari akumulasi bertahun-tahun itu, harus diselesaikan bersama-sama. Jangan saling menyalahkan, dan saling berintrospeksi diri dulu masing-masing. Upaya penanganan di TPA Mrican akan dilakukan pada tahun ini, Dia meminta masyarakat bersabar. Semua mekanismenya sedang berproses.

“Ayo bersama-sama untuk bertanggungjawab untuk hidup bersih. Jangan saling menyalahkan dan introspeksi masing-masing,” katanya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Mahasiswa dariĀ  Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ponorogo dan warga Desa Mrican Kecamatan Jenangan kembali mendatangi TPA Mrican. Kedatangan mereka untuk mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo untuk segera menyelesaikan permasalahan yang ada di TPA tersebut.

Mahasiswa dan warga juga menagih janji atas nota kesepahaman atas perjanjian penanganan masalah sampah di TPA Mrican. [end/beq]

Apa Reaksi Anda?

Komentar