Politik Pemerintahan

Bupati Sidoarjo Mutasi 149 Pejabat

Sidoarjo (beritajatim.com) – Sebanyak 149 pejabat dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (7/1/2020).

Mereka terdiri dari Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas. Dalam pelantikan tersebut terdapat 4 Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau kepala dinas yang dilantik.

Kepala Dinas Komunikasi dan lnformatika Kabupaten Sidoarjo dijabat oleh Sanadjihitu Sangadji, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Sidoarjo Mochamad Bachruni Aryawan, MM, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Eni Rustianingsih, serta Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo yang dijabat Mohamad Edi Kurniadi.

Selain itu bupati juga mengisi dua kepala kantor kecamatan yang kosong. Yakni Camat Tulangan Didik Widoyoko serta Camat Tanggulangin Sabino Mariano.

Bupati Sidoarjo H. Saiful llah mengatakan, tahapan seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama telah melalui sederatan proses yang panjang. Mulai dari seleksi administrasi, penelusuran rekam jejak, penilaian kompetensi manajerial dan penilaian kompetensi bidang serta tes kesehatan.

“Kesemuanya itu dilakukan agar kedepan bisa didapatkan figur seorang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang memiliki kemampuan (ability), pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skills) yang mumpuni sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh Pemkab Sidoarjo,” ucapnya.

Bupati menambahkan, pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama didahului dengan pembentukan panitia seleksi yang dibentuk oleh pejabat pembina kepegawaian dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini bersih, mulai dari setiap pentahapan seleksinya maupun bersih dari muatan politis,” tegas H. Saiful llah.

Bupati dua periode tersebut juga menjelaskan, pelantikan adalah kebutuhan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan. Selain itu sebagai bagian dari upaya penyegaran dan peningkatan kinerja dan pola pembinaan dan pengembangan karier pegawai.

“Pengembangan karier pegawai dilakukan bukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum,” jabarnya.

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Saifuddin, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman serta Sekda Sidoarjo Achmad Zaini dan seluruh kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sidoarjo. (isa/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar