Politik Pemerintahan

Bantu Warga Terdampak Covid-19

Bupati Pamekasan Minta Dinsos Manfaatkan Produk Lokal

Pamekasan (beritajatim.com)Bupati Pamekasan, Badrut Tamam meminta Dinas Sosial (Dinsos) setempat, agar menggunakan produk lokal untuk bantuan paket obat-obatan maupun jajanan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri akibat Coronavirus Disiase 2019.

Hal tersebut disampaikan sebagai salah satu upaya membantu sekaligus menghidupkan sektor perekonomian masyarakat, khususnya di daerah yang dipimpinnya. Terlebih pada era pandemi saat ini, pertumbuhan ekonomi kabupaten Pamekasan minus 2,54 pesen.

Bahkan angka tersebut terbilang lebih rendah dari pertumbuhan ekonomi Jawa Timur, di mana angka pertumbuhan ekonomi Jatim minus 2,39 persen selama pandemi Covid-19. Sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional selama 2020 minus 2,1 persen.

“Jadi produk lokal yang bisa digunakan untuk membantu pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri rumah, seperti madu, jamu tradisional maupun jajanan. Dari itu kami minta Dinsos sebagai penyelenggara teknis agar memanfaatkan produk lokal,” kata Bupati Badrut Tamam, Senin (26/7/2021).

Permintaan tersebut bukan tanpa alasan, sebab menggunakan produk lokal tentunya dapat memberikan dampak ekonomi positif bagi para pengusaha lokal di daerah yang dipimpinnya. “Artinya hal ini bertujuan agar sektor ekonomi lokal tidak stagnan, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya menilai jika bantuan jajanan ataupun jamu tradisional dibeli dari luar daerah, otomatis justru tidak akan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat setempat. “Bagaimanapun Pemkab Pamekasan harus bisa membantu menggerakkan ekonomi masyarakat, salah satunya dengan cara memanfaatkan produk lokal,” jelasnya.

“Apalagi di kabupaten Pamekasan banyak warga yang beternak lebah dan menghasilkan produk madu, sehingga bantuan madu bagi warga yang menjalani isolasi mandiri dengan memanfaatkan produk lokal, kami yakin akan membantu masyarakat,” imbuhnya.

Dari itu pihaknya menilai hal tersebut nantinya akan sangat membantu masyarakat, khususnya di tengah lesuhnya sektor ekonomi selama pandemi. “Jadi jangan semuanya beli dari luar, karena pandemi ini telah menyebabkan ekonomi masyarakat Pamekasan merosot. Banyak pedagang kecil yang sudah tidak bisa berjualan lagi,” pungkasnya. [pin/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar