Politik Pemerintahan

Antisipasi Penyebaran Covid-19

Bupati Pamekasan: Jaga dan Pelihara Kebersihan Lingkungan

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mengeluarkan himbauan peningkatan kewaspadaan terhadap ancaman virus corona alias Covid-19 yang ditujukan ke sejumlah pengelola hotel, cafe, restoran dan sejenisnya. Termasuk bagi pengelola tempat wisata.

Hal tersebut dilakukan menyusul adanya surat edaran Gubernur Provinsi Jawa Timur, Nomor 443/4146/201.3/2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Covid-19 di Jawa Timur. Termasuk Surat Edaran Bupati Pamekasan Nomor 443.32/122/432.302/2020 tentang hal serupa.

Namun kali ini, himbauan lainnya juga dituangkan dalam surat edaran bernomor 430/74/432.302/2020 bersifat penting tertanggal Selasa (17/3/2020) lalu. Edaran tersebut ditujukan kepada para pengelola hotel, cafe, hingga pengelola destinasi wisata di Kabupaten Pamekasan.

“Hal ini sebagai langkah antisipatif guna mencegah penyebaran virus corona alias Covid-19, salah satunya dengan meminimalkan pengadaan kegiatan yang melibatkan banyak orang, khususnya di hotel, cafe hingga lokasi wisata,” kata Bupati Pamekasan, Badrut Tamam, Kamis (19/3/2020).

Selain itu, poin lainnya juga berisi himbauan agar seluruh lokasi tersebut menyediakan tempat cuci tangan dan sabun yang ditempatkan di lokasi strategis. “Jik perlu lakukan penyemprotan disinfektan pada lokasi yang sering terjadi interaksi banyak orang,” ungkapnya.

“Tidak kalah penting tetap selalu berupaya untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan tempat usaha, jika ada pengunjung yang terindeksi mengalami gangguan kesehatan agar segera dirujuk ke dokter, puskesmas, pusat layanan hingga rumah sakit terdekat,” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Badrut Tamam bersama senjumlah pimpinan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pamekasan, juga melakukan konferensi pers berisi tentang himbauan untuk menutup sementara seluruh lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta. [pin/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar