Politik Pemerintahan

Bupati Pamekasan Dukung Pengusulan M Tabrani sebagai Pahlawan Nasional

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam sangat mendukung secara penuh tentang pengusulan dan pengajuan (Alm) Mohammad Tabrani Soerjowitjirto sebagai Pahlawan Nasional, karena jasanya memperjuangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Sosok kelahiran Pamekasan, 10 Oktober 1904 yang akrab disapa M Tabrani digolongkan sebagai wartawan dari angkatan tua, sekaligus pelopor pemakaian bahasa Indonesia. Bahkan sepanjang pergerakan nasional Indonesia, ia selalu tercatat dan dikenal sebagai salah satu tokoh Jong Java.

Hal tersebut disampaikan Bupati Badrut Tamam saat memberi sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Pengajuan M Tabrani sebagai Pahlawan Nasional, yang digelar Balai Bahasa Jawa Timur bersama Pemkab Pamekasan, di Auditorium Hotel FrontOne Jl, Jokotole, Pamekasan, Rabu (31/3/2021).

“Hari ini Balai Bahasa Jawa Timur, mengusulkan M Tabrani menjadi Pahlawan Nasional. Tentunya kita merasa bangga dan suka akan ikhtiar dan usulan ini. Karenanya kita perlu menyampaikan terima kasih sedalam-dalamnya atas ikhtiar ini, termasuk kepada seluruh elemen masyarakat yang memberikan dukungan atas ikhtiar ini,” kata Badrut Tamam.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Pengembangan dan Pembinaan Bahasa RI, Prof Aminuddin Aziz, Kepala Pusat Pembinaan dan Sastra Kemendikbud RI, Mohammad Abdul Haq, Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Dr Astrid, Ketua DPRD Pamekasan, Fathor Rohman, Kepala Disdik Pamekasan, Akhmad Zaini, dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Badrut Tamam juga menyampaikan siap menandatangani usulan dan pengajuan M Tabrani sebagai pahlawan nasional. “Kalau menang harus tanda tangan sekarang pengusulan Bapak Mohammad Tabrani sebagai pahlawan nasional untuk disampaikan kepada Bapak Presiden (Joko Widodo), saya sangat siap,” ungkapnya.

“Tapi untuk hal ini harus ada narasi yang mengikuti usulan (M Tabrani sebagai pahlawan nasional), kenapa harus ada narasi yang mengikuti, biar nantinya gagasan ini tidak hanya menjadi usulan semata. Sehingga hal ini sangat penting untuk kita perjuangkan bersama,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mengajak seluruh organisasi profesi wartawan, agar bersama memperjuangkan gagasan mengusulkan M Tabrani sebagai pahlawan nasional. Apalagi dalam perjalanan hidup M Tabrani juga pernah menjadi wartawan dan redaktur sebuah media.

Termasuk sebagai penggagas salah satu organisasi kepemudaan lain yang orientasinya mencintai dan memperjuangkan Indonesia yang terstruktur di berbagai daerah. “Dari itu, elemen kepemudaan seperti KNPI juga harus ikut mendukung dan memberikan rekomendasi kepada HMI, PMII dan seluruh organisasi kepemudaan lain untuk memberikan penghargaan berupa dukungan kepada M Tabrani,” tegasnya.

“Tidak hanya dari ide dan gagasan bahasa yang familiar di telinga kita, tetapi di sisi lainnya M Tabrani juga tercatat sebagai pemuda pejuang dengan tampil sebagai salah satu panitia utama pelaksanaan Kongres Pemuda yang akhirnya melahirkan Sumpah Pemuda,” pungkasnya. [pin/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar