Politik Pemerintahan

Bupati Pamekasan Dorong PKPM Wujudkan Gagasan Desa Tematik

Pamekasan (beritajatim.com) – Bupati Pamekasan, Badrut Tamam mendorong Pusat Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat (PKPM) di setiap desa/kelurahan di daerah yang dipimpinnya, agar dikembangkan demi mewujudkan program desa tematik.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan launching PKMP Kelurahan Kangenan, Kecamatan Pamekasan, Senin (24/2/2020). Sekaligus penyerahan Surat Keputusan (SK) Rukun Tetangga (RT) di lingkungan Kelurahan Kanginan, Masa Bhakti 2019-2022.

Dalam kegiatan tersebut tampak hadir sejumlah Forkopimka, Lurah, Ketua RT/RW Kangenan, Pengurus PKK, para undangan, serta masyarakat Kelurahan Kangenan, Kecamatan Pamekasan. “Pertama kami ucapkan selamat kepada semua RT yang telah menerima SK, semoga dapat memicu semangat, etos kerja dan pengabdian kedepan,” kata Bupati Badrut Tamam.

“Selain itu, kami juga berharap dengan diresmikannya PKPM (Kelurahan Kanginan) ini, nantinya harus terus berlanjut untuk tetap meningkatkan pengembangan ekonomi masyatakat. Kami pemerintah Kabupaten Pamekasan, selama ini positif untuk memajukan ekonomi rakyat, akan terus kita support,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah melakukan beberapa langkah untuk mendorong sektor penguatan ekonomi masyatakat. Salah satunya dengan mendelegasikan para pemuda untuk dilatih Kewirausahaan. “Karena itu, untuk membangun pertumbuhan ekonomi masyarakat, harus dilatih hingga memiliki keahlian baru. Selanjutnya kita bantu peralatan, modal hingga pemasaran,” jelasnya.

“Sebab tidak akan ada pertumbuhan ekonomi tanpa adanya produk-produk yang kita buat sendiri di Pamekasan, karena itu kita akan memberi pinjaman bagi yang sudah terlatih untuk mendapatkan alat kelengkapan usaha. Inilah yang disebut revolusi IKM dan akan kita lakukan,” tegasnya.

Dalam momentum tersebut, pihaknya juga menyempatkan diri untuk melihat berbagai jenis kerajinan produk masyarakat Kelurahan Kangenan. Seperti penjual penjual rujak cengor, rujak campor soto, rap orap, kue pecong, cendol hingga pusat pelayanan Kantor Pendopo Kangenan. [pin/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar