Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Mojokerto: Pemda Mendorong Terselenggaranya Otomoni Desa

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades Serentak di Pendopo Graha Maja Tama Pemkab Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada di wilayahnya. Hal tersebut disampaikan Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Pendopo Graha Maja Tama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto.

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan berlangsung pada tahun 2022 ini, Pemkab Mojokerto menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pilkades Serentak. Ada 41 desa dari 15 kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang akan menggelar Pilkades Serentak pada, 14 September 2022 mendatang.

“Pemerintah daerah memiliki kewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada di wilayahnya sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya. Yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa,” ungkapnya, Rabu (6/4/2022).

Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa tersebut, lanjut Bupati, maka dibutuhkan kepemimpinan kepala desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya. Proses penyelenggaraan Pilkades telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memunculkan kepala desa yang tidak hanya mendapatkan legitimasi sebagian besar masyarakatnya.

“Namun juga mempunyai kemampuan manajerial yang efisien dan efektif. Sesungguhnya kepala desa mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa. Kepala desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya,” tegasnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto ini pun menyampaikan, berdasarkan pertimbangan undang-undang maupun pertimbangan lainnya, maka pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Mojokerto rencananya pemungutan suara akan dilaksanakan pada Rabu, tanggal 14 September 2022. Pilkades akan diikuti 41 desa dari 15 kecamatan di Kabupaten Mojokerto.

“Selain berlangsung lancar, aman dan kondusif, jangan sampai kemudian Pilkada ini nanti menimbulkan hal-hal yang membuat keresahan di masyarakat. Semoga Pilkades serentak ini bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin baru di desa yang amanah dan bisa membawa desanya lebih maju dan lebih sejahtera. Serta Kabupaten Mojokerto tetap bisa mempertahankan status PPKM level 1,” pungkasnya. [tin/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar