Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Mojokerto Minta Pengurus HIPEMIKA Juga Perhatikan UMKM Lainnya

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat pengukuhkan pengurus HIPEMIKA Kabupaten Mojokerto Periode 2022-2027 di Pendopo Graha Maja Tama, Pemkab Mojokerto. [Foto : ist]

Mojokerto (beritajatim.com) – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta pengurus HIPEMIKA tidak hanya mengurusi usahanya sendiri. Tetapi juga harus memperhatikan para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) lainnya agar dapat berkembang dan meningkatkan taraf ekonomi.

Hal tersebut disampaikan saat pengukuhkan pengurus Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah (HIPEMIKA) Kabupaten Mojokerto Periode 2022-2027 di Pendopo Graha Maja Tama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto, Rabu (16/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati menyambut baik atas hadirnya Hipemika sebagai tempat berkumpulnya para pengusaha dalam rangka bahu membahu saling berkembang dan meningkatkan usahanya. “Yakni gimana caranya maju bersama, saling bahu membahu untuk mensejahterakan anggotanya,” ujarnya.

Bupati meminta pengurus Hipemika tidak hanya mengurusi usahanya sendiri, tetapi juga harus memperhatikan para pelaku UMKM lainnya agar dapat berkembang dan meningkatkan taraf ekonomi. Sehingga nantinya dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan dari berkembangnya usaha kecil mikro menengah.

“Tentunya pengurus Hipemika harus memperhatikan teman-teman UMKM lain agar bisa berkembang dan maju, pastinya nanti butuh pegawai dan disitulah lapangan pekerjaan tercipta dengan sendirinya. Sebagai organisasi profesi pengusaha mikro kecil menengan, Hipemika terdiri orang-orang lapangan yang mengetahui kondisi dan kebutuhan usaha UMKM,” katanya.

Sehingga ke depan, Bupati perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini mengharapkan, adanya kolaborasi dan koordinasi dengan pemerintah dalam upaya mengembangkan lapangan kerja melalui usaha mikro kecil menengah. Pelaku usaha merupakan orang-orang lapangan, yang tahu kondisi lapangan dan apa yang dibutuhkan para UMKM.

“Maka nanti koordinasi dengan pemerintah dalam mengembangkan lapangan kerja juga. Kedepan fokusnya tindak hanya pada para pelaku UMKM saja, tetapi dirinya akan berkolaborasikan dengan pasar. Artinya, pemerintah harus segera melakukan branding terhadap produk-produk lokal,” harapnya.

Sehingga branding terhadap produk-produk lokal tersebut bisa memancing orang-orang untuk berdatangan ke Mojokerto meskipun dalam situasi pandemi. Bupati berharap, selain menghimpun para pelaku usaha UMKM, Hipemika dapat bekerjasama dengan pemerintah dalam memberi masukan dan memetakan apa yang dibutuhkan pelaku UMKM.

“Kita tidak hanya fokus pada pelaku Umkm, tetapi kita juga perlu kolaborasi dengan pasar. Kita perlu segera melakukan branding, supaya orang datang ke Mojokerto meskipun pandemi. Kerjasama yang baik dengan Hipemika dapat membantu pemerintah, memberi masukan dan memetakan kebutuhan teman-teman sehingga strategi kita tepat sasaran,” tuturnya.

Pengukuhan tersebut diikuti sebanyak 12 pengurus Hipemika dan dihadiri langsung Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mojokerto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Pemuda, Pariwisata dan Olahraga, serta camat se-Kabupaten Mojokerto. [tin]


Apa Reaksi Anda?

Komentar