Politik Pemerintahan

Bupati Malang Upayakan Jembatan Ambrol di Jabung Dibangun Tahun Ini

Malang (beritajatim.com) – Bupati Malang HM Sanusi berjanji, Jembatan Jabung peningalan Belanda di ruas jalan utama Desa/Kecamatan Jabung, yang ambrol karena terkikis air, akan diperbaiki tahun 2021 ini.

“Jembatan yang rusak ini bakal dibongkar dan dibangun kembali, sekalian tebingnya akan diplengseng,” ungkap Sanusi saat memantau kondisi terakhir Jembatan Jabung, Sabtu (2/1/2021).

Menurut Sanusi, jembatan Jabung memang sudah lama tidak dilintasi kendaraan bermotor. Hal itu dikarenakan kondisi badan jembatan mulai ambrol terkikis air. Sementara arus lalu lintas di desa setempat, hanya mengandalkan jembatan baru yang terletak di sebelahnya dan sudah terbangun sejak 2015.

“Jembatan ini konon dibangun pada 1939 di masa kolonial Belanda. Selain dibangun, juga melakukan penertiban badan sungai dari tanaman kayu yang tumbuh. Karena badan sungai ditanami kayu dan ini tidak boleh terjadi agar arus air lurus, tidak merusak bagian pojok plengsengan jembatan,” tegasnya.

Sanusi mengatakan, agar dapat digunakan bersama-sama dengan konsep dua jalur, maka jembatan yang rusak akan diperbaiki dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Malang tahun 2021.

“Kalau rusak tidak mungkin dibiarkan terus tentu akan diperbaiki, tapi badan sungai juga ditertibkan. Pembangunan ini (Jembatan, red) akan menggunakan APBD Tahun 2021, rencananya dimulai Maret nanti,” terangnya.

Sanusi menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Malang juga sedang melakukan beberapa perbaikan dan pembangunan jembatan di sejumlah wilayah. Salah satunya Jembatan Jurang Klampok di Desa Srigonco, Bantur, Malang Selatan yang akan diresmikan penggunaannya pada April 2021.

“Tahun 2021 banyak jalan dan jembatan yang rusak akibat curah hujan, dan akan segera diperbaiki,” Sanusi mengakhiri. [yog/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar