Politik Pemerintahan

Bupati Malang Ingin Terapkan Transaksi Keuangan Digital

Bupati Malang, HM Sanusi

Malang (beritajatim.com) – Bupati Malang HM Sanusi ingin seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) yang bersangkutan dengan transaksi keuangan, bisa membuat sistem digital layaknya aplikasi yang baru saja diluncurkan Perumda Tirta Kanjuruhan, Sipika.

Sanusi mengatakan, dengan adanya sistem digital itu bakal efektif untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Utamanya pungutan liar.

“Harapannya begitu. Setelah itu nanti yang menyangkut transaksi keuangan di Kabupaten Malang kita terapkan semua. Dan sebenarnya sudah, dengan bank Jatim, bank BNI, sudah kerjasama,” terang Sanusi usai acara launching E-Transaksi Perumda Tirta Kanjuruhan, Senin (4/11/2019).

Kata Sanusi, dengan transaksi manual atau saling bertatap muka sangat memungkinkan timbulnya celah untuk pungutan liar. Hal itu, lanjutnya, harus diantisipasi. Salah satu caranya adalah mengubah sistem transaksi, menjadi digital.

“Termasuk nanti, e-retribusi, e-parkir, itu nanti memakai elektronik. Tentunya tidak ada kesempatan untuk melakukan pungli. Pungli itu bisa terjadi kalau transaksi face to face, ada transaksi dua orang yang saling membutuhkan nantinya akan ada pungli atau penyuapan,” terang politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Selanjutnya, Sanusi optimistis pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Malang dapat terdongkrak, jika segala transaksi yang berhubungan dengan keuangan sudah dirubah menggunakan sistem digital.

“Ini salah satu meningkatkan PAD, pakai sistem elektronik semua,” Sanusi menutup. (yog/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar