Politik Pemerintahan

Bupati Magetan Pinjam Pakai Aset Milik Kementerian Kelautan dan Perikanan RI

Bupati Magetan Suprawoto saat menandatangani pinjam pakai aset milik daerah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, di Pendopo Surya Graha, Sabtu (21/11/2020). (Dok.Humas Protokol Magetan)

Magetan (beritajatim.com) – Bupati Magetan Suprawoto menghadiri acara penandatanganan pinjam pakai aset milik daerah Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Dengan Pemkab Magetan. Acara digelar di ruang jamuan Pendopo Surya Graha Magetan, Sabtu (21/11/2020).

Acara juga dihadiri Wakil Bupati, Perwakilan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sekretaris Daerah Magetan, Asisten, Kepala OPD yang bersangkutan, dan Politeknik KP Sidoarjo.

Suprawoto menyampaikan, ia ingin menjadikan masyarakat Magetan bisa sekolah sesuai yang diinginkan, orang miskin bisa sekolah. Sebab menurutnya, memutus rantai kemiskinan itu yang paling mudah adalah pendidikan.

“Oleh sebab itu senyampang kita diberikan takdir Tuhan untuk memimpin, membuat keputusan, mari kita buat keputusan yang baik,” ungkap Kang Woto panggilan akrab Suprawoto.

Ia menambahkan, sebagai pejabat publik yang kebetulan ditakdirkan untuk mengambil keputusan, pihaknya menggunakan keputusan untuk kebaikan bersama untuk memecahkan persoalan-persoalan bangsa ini secara lebih detil.

“Mari kita menjadi bagian yang ikut memecahkan masalah memecahkan persoalan-persoalan bangsa tanpa ada niat buruk atau agenda lain selain untuk perbaikan dimulai dari sini,” tegasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Magetan Kustini menjelaskan, pengamatan dari Kementerian Kelautan perikanan mencermati potensi di Kabupaten Magetan bisa ditempatkan instalasi pendidikan vokasi budidaya air tawar dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

“Kami intens koordinasi dengan Akademi perikanan dan kelautan Sidoarjo untuk pendirian kampus Magetan,” pungkasnya.

Salah satu persyaratan untuk berdirinya cabang akademi poltek KP Sidoarjo di kabupaten Magetan adalah sering adanya kegiatan program dari KKP dengan penyediaan lahan yang nantinya dalam proses dihibahkan berjalannya waktu dengan berkoordinasi antar OPD terkait.

Kegiatan yang pertama berada di SDN Negeri Tanjungsari Kecamatan Panekan yang kebetulan gedung tersebut tidak digunakan untuk aktivitas belajar dengan luas lahan kurang lebih 2375 M2, agar pembangunan bisa berjalan dan bisa dilaksanakan oleh akademik Poltek Sidoarjo di SDN Tanjungsari maupun pada tanah eks bengkok Kelurahan.

Sambil menunggu proses hibah maka hal tersebut ditindaklanjuti dengan perjanjian pinjam pakai sebagaimana naskah perjanjian tersebut telah disepakati oleh kedua belah pihak, yaitu oleh bagian hukum sekretariat daerah Kabupaten Magetan dan Biro Hukum Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Biro Keuangan Menteri Kelautan Cipto Hadi Prayitno mengatakan, kerjasama atau kolaborasi yang cukup bagus antara pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan mengelola sumber daya Kelautan dan Perikanan khususnya di kabupaten Magetan.

“Pengembangan budidaya ini sangat tepat, KKP itu berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan nomor 49 tahun 2020 sebagian pelimpahan wewenang menteri kepada Kepala Biro keuangan untuk mengelola aset,” ujar Cipto Hadi.

“Kami atas nama Menteri mengucapkan terima kasih atas kerjasama ini. Dan kami mohon dokumen ini kalo bisa ditingkatkan statusnya,” tutupnya. [asg/but]





Apa Reaksi Anda?

Komentar