Politik Pemerintahan

Bupati Magetan Kukuhkan Pengurus FKUB dan FPK

Bupati Magetan bersama Forkopimda usai melantik pengurus FKUB dan FPK di Pendopo Surya Graha, Jimat (11/6/2021). (Foto/Ade Mas Satrio).

Magetan (beritajatim.com) – Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Magetan periode 2021-2024 resmi dikukuhkan dan dilantik. Pengukuhan dan pelantikan dilakukan oleh Bupati Magetan Suprawoto.

Sebanyak 16 pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan 19 pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Magetan mengikuti proses pengukuhan kali ini. ⁣Tercatat pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) di ketuai oleh K.H Kamim Jazuli dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Ketuai oleh H.E.S. Sukarno.⁣

“Saya setuju dengan usulan kemenag, Kapolres dan Dandim, bahwa untuk merangkul semua unsur, karena kenyataannya memang unsur-unsur ini faktanya ada secara de facto dan de jure,” kata Bupati Magetan Suprawoto usai acara pelantikan di Pendopo Surya Graha, Jumat (11/6/2021).

Dia menambahkan, oleh sebab itu pihaknya mengakomodir dan mudah-mudahan dengan adanya FKUB dan FPK ini persoalan-persoalan yang berkaitan dengan isu sara bisa semakin dieliminir.

“Sejatinya ruh dari menjaga kerukunan adalah toleransi, oleh karena itu toleransi dan kebersamaan antar umat beragama menjadi nilai luhur dalam kebhinekaan,” ucapnya.

Kang Woto berpesan di era digital seperti sekarang ini harus ikut mengurangi dan memerangi berita hoax, ujaran kebencian dan menggunakan teknologi dengan bijak untuk value added di masa depan demi generasi yang akan datang. ⁣

“Pengurus FKUB dan FPK yang baru diharapkan dapat berkontribusi untuk memerangi hoax sara terhadap masyarakat Kabupaten Magetan, dan memiliki sarana partisipasi yang aktif melalui perwakilan tokoh masyarakat. Sehingga nantinya kegiatan pembinaan sosial kemasyarakatan dapat berjalan optimal,” tandasnya. [ade/but]



Apa Reaksi Anda?

Komentar