Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Tinjau Jalur Khusus Armada Tambang Pasir

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersam Kapolres AKBP Deddy Foury dan Dandim 0821 Lektol Inf Ahmad Fauzi memantau jalan khusus tambang pasir aliran sungai Semeru di Kecamatan Pasirian dan Candipuro, Minggu (5/7/2020).

Hal ini untuk menghindari jalanan desa dilalui armada tambang. “Kami mengecek langsung seperti apa perkembangannya,” kata Cak Thoriq.

Menurut dia, dampak dari truk pasir melintas di jalanan desa merusak infrastruktur jalan dan jembatan. Bahkan lalu lintas warga terganggu bila truk pasir beriringan. “Pokoknya jalan khusus tambang harus tuntas diselesaikan para pemilik izin,” terangnya.

Pemkab Lumajang akan menerapkan terminal stokfile pasir bila jalan tambang selesai. Kemudian pembayaran pajak tambang secara elektronik juga diterapkan. “Langkah ini bagian dari tata kelola tambang pasir secara terpadu,” jelasnya.

Cak Thoriq sangat berharap sektor tambang menjadi salah satu pendapatan daerah. Makanya harus terkontrol dari hulu ke hilir. Selain itu, harga pasir khusus Lumajang juga terkendali. “Masak harga pasir antara Lumajang dan luar kota, sama,” pungkasnya. [har/suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar