Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Sidak Pabrik Kayu Buang Limbah di Drainase

Bupati tinjau pabrik kayu diduga jadi peyebab genangan di pemukiman warga

Lumajang (beritajatim.com) – Menindaklanjuti laporan masyarakat di Grup Facebook Lapor Lumajang terkait limbah pabrik kayu PSI menutupan saluran drainasi dan menyebabkan genangan, Bupati Lumajang Thoriqul Haq melakukan inspeksi mendadak (sidak) drainase pengelolaan limbah Pabrik pengolahan kayu di Desa Kunir Kidul, Kecamatan Kunir.

Cak Thoriq sapaan akrab orang nomer satu di Lumajang itu mengatakan, pembuangan limbah yang dimiliki pabrik tersebut melanggar aturan, pabrik harus memiliki pengelolaan limbah drainase yang benar dan tidak meresahkan warga di sekitarnya.

“Saya melihat situasi di sini misalnya tidak ada tata letak dari pabrik ini yang memikirkan soal drainase,” ungkapnya pada wartawan, Kamis (28/5/2020).

Dari Sidak ditemukan air mengalir kelahan milik warga sekitar yang tidak benar. Kemudian, ada pendangkalan dari pembuangan limbah bekas gerjaian kayu alias emput. “Saya akan kaji soal perijinan dan amdal dari pabrik ini,” jelasnya.

Cak Thoriq yang datang bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang serta Camat memberikan peringatan atas pembuangan limbah yang mencemari lingkungan. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar