Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Minta RPJMDes Fokus Infrastruktur

Lumajang (beritajatim.com) – Untuk mempercepat pembangunan di wilayah pedesaan, Pemkab Lumajang mengajak kepala desa 158 terlantik untuk membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) fokus pada infrastruktur dan keunggulan potensi setempat.

“RPJMDesa, saya punya harapan fokus terhadap masing-masing keunggulan desa, sambil mencari jalan problem yang ada di desa diselesaikan,” ungkap Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat menghadiri Workshop Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) di Gedung Narawita Agung Jl. Ahmad Yani, Kamis (16/01/2020).

Dia memandang infrastruktur menjadi fokus utama pembangunan desa karena menjadi kebutuhan dasar masyarakat dalam melakukan aktifitas sehari-hari. dirinya berharap arah kebijakan pembangunan, kebijakan keuangan, kebijakan umum dan program-program prioritas desa harus mampu menjawab problem yang ada di masing-masing desa.

“Fokus prioritas utama bagi desa yang infrastruktur utama belum dipenuhi, tolong dipenuhi dahulu,” tuturnya.

Bupati Lumajang mengajak Kepala Desa agar mampu mengeksplore potensi desanya. Sehingga menjadi pengungkit ekonomi masyarakart setempat.

“Ayo cari mana peluang yang sekiranya bisa menjadi tujuan dan jangan segan untuk tanya ke kepala desa yang lain yang telah memiliki bukti nyata memajukan desanya,” jelasnya orang nomor satu di Lumajang itu.

Kepala Bappeda, Retno Wulan Andari mengatakan, workshop kali ini difokuskan kepada 158 Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak 2019 yang baru saja dilantik.

“Harapannya dengan Workshop ini RPJMDesa dapat selaras dengan RPJMD Kabupaten Lumajang,” pungkasnya. [har/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar