Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Dorong Desa Miliki BUMDes

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mendorong terus desa – desa yang mampu mengembang obyek wisata sebagai penggerak ekonomi masyarakat memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dia mencontohkan Desa Sumbermujur dan Desa Penanggal Kecamatan Candipuro.

Dua desa di kaki gunung Semeru ini mampu menjadikan obyek wisata alamnya menjadi penggerak ekonomi warganya selain di sektor pertanian. “BUMDes jadi penggerak ekonomi dan pengelolaan ekluisifitas warganya,” ungkap Cak Thoriq pada wartawan, Sabtu (14/11/2020).

Masih kata dia, Dana Desa (DD) akan bermanfaat bagi desa untuk pengelolaan dalam pemberdayaan masyarakat. Sumber Daya Manusia Desa bisa jadi penggerak. “Kemarin, Menteri Desa mensosialisasikan pemanfaaat DD untuk pertumbuhan ekonomi desa dan pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Desa Sumbermujur memiliki BUMDes obyek wisata alam Hutan Bambu. Desa Penanggal dengan wisata pemandian alam dan Out Boundnya. “Dua desa ini bisa menjadi pilot projek mampu bangkit dari pengelola potensi daerahnya sebagai penggerak pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar