Politik Pemerintahan

Bupati Lumajang Atasi Kekurangan Air Bersih dengan Program Pamsimas

Lumajang (beritajatim.com) –  Bupati Lumajang, Thoriqul Haq dalam mengatasi kekurangan air bersih di kawasan Lumajang membuat program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas).

Program tersebut dilakukan di Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang dengan mengambil salah satu sumber mata air di Ranu Bedali.

Tandon air Pamsimas yang mengangkat air dari sumber mata air Ranu Bedali untuk dialirkan ke Desa Wates Wetan, Desa Wates Kulon, Desa Wonoayu dan Desa Penawungan, serta tandon air Pamsimas dan sumur bor yang ada di Desa Meninjo.

Cak Thoriq sapaan akrab orang nomor satu di Lumajang menyampaikan, wilayah utara Kabupaten Lumajang khususnya Kecamatan Ranuyoso merupakan daerah yang sudah lama kekurangan air bersih, bahkan beberapa waktu masyarakat hanya mengandalkan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

“Memang ini adalah daerah yang kekurangan air berpuluh-puluh tahun yang lalu,” jelasnya pada wartawan, Jum’at (06/11/2020).

Masih kata dia, masyarakat Lumajang Utara hanya mengandalkan air hujan untuk kebutuhan air sehari-hari. Dirinya akan terus keliling untuk memastikan program Pamsimas yang menjadi prioritas di tahun ini segera bisa dituntaskan.

“Agar masyarakat mudah mendapatkan akses air,” ungkapnya.

Bupati berharap sumber mata air yang ada di wilayah utara dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, agar nantinya jumlah penerima manfaat air bersih dari program Pamsimas bisa bertambah. Dengan begitu, maka persoalan masyarakat yang ada di desa-desa di Kecamatan Ranuyoso terkait pemenuhan air bersih bisa dituntaskan.(har/ted)





Apa Reaksi Anda?

Komentar