Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Lamongan dan Istri Berangkat Haji ke Tanah Suci

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Istri Anis Kartika.

Lamongan (beritajatim.com) – Bupati Lamongan Yuhronur Efendi bakal berangkat ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah Haji 1443 H.

Diketahui, ia bersama istri Anis Kartika berangkat pada Sabtu (18/6/2022) hari ini hingga 17 Juli mendatang.

Menjelang keberangkatannya ke Tanah Suci itu, orang nomor satu di Lamongan ini sempat menyampaikan beberapa pesan kepada para ASN di lingkungan Pemkab Lamongan agar lebih dinamis dinamis dan responsif melalui 3 (tiga) pendekatan.

Menurutnya, pendekatan ini sangat dibutuhkan oleh elemen Pemerintah Daerah, utamanya dalam menghadapi era digitalisasi dan kompleksnya kebutuhan masyarakat saat ini.

“Harus mempraktikkan dynamic governance, yakni thinking ahead, thinking again dan thinking across, artinya aparat Pemerintah Daerah harus memfasilitasi kebijakan-kebijakan yang adaptif, harus bisa berpikir ke depan, mampu mengkaji ulang hasil pemikiran dan mampu berpikir secara lateral horizontal,” ujar Bupati Yuhronur.

Yuhronur menambahkan, ketiga pendekatan tersebut secara mutlak harus diimplementasikan oleh seluruh perangkat daerah dalam menjalankan tata kelola pemerintahan. Hal itu sesuai dengan tujuan pada misi kelima.

Seperti yang diketahui, tahun 2022 adalah titik awal pelaksanaan RPJMD yang di dalamnya terdapat 7 indikator utama dan 27 indikator sasaran. Sehingga untuk bisa mencapainya, seluruh jajaran pemerintahan harus memahami dan menjadikan dokumen RPJMD itu sebagai pedoman program yang dijalankan.

“Jadikan dokumen RPJMD sebagai pedoman, sehingga apa yang kita jalankan sesuai dengan tujuan pembangunan. Di setiap misi juga terdapat program prioritas yang mendukung. Pastikan semua program prioritas pada tahun ini berjalan dengan baik,” tandas Bupati YES, sapaan akrab Bupati Lamongan tersebut.

Dari misi-misi itu, harap Bupati YES, bisa mempermudah terwujudnya kemandirian dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif yang memuat program young enterpreneur sukses dan UMKM. Tak cukup itu, ia juga mengharapkan, pembangunan Meghub pada tahun ini dapat terlaksana dengan baik.

“Juga Program Yakin Semua Sejahtera (YES) yang diawali dengan pemberdayaan dan bantuan modal usaha kepada 80 kepala rumah tangga perempuan produktif harus benar-benar dikawal sehingga dapat dirasakan manfaatnya,” imbuhnya.

Selain program tersebut, Bupati YES juga menyebut program lain mulai dari RamaSinta, Sport Tourism dan pengembangan destinasi wisata, pembangunan infrastruktur yang handal dan merata melalui Jamula, serta penanganan banjir di kawasan Bengawan Jero yang harus diakselerasi implementasinya.

“Program Jamula dan pembangunan ring road utara harus mendapatkan pengawalan dalam pelaksanaannya. Lalu penanganan banjir, khususnya di kawasan Bengawan Jero dan banjir perkotaan harus di akselerasi pengendaliannya secara terintegrasi,dengan melibatkan multi pihak. Intinya pemerintah daerah harus terus bertransformasi dan menumbuhkan semangat pengabdian,” paparnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kominfo Lamongan Sugeng Widodo saat dikonfirmasi juga membenarkan tentang keberangkatan Bupati Yuhronur bersama istri untuk menjalani ibadah haji ke Tanah Suci.

“Iya, Pak Bupati bersama istri Bu Anis Kartika menunaikan ibadah Haji, berangkat tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, pada hari ini, Sabtu (17/6/2022),” ucap Sugeng saat dihubungi beritajatim.com

Dengan berangkatnya Bupati Yuhronur ke Tanah Suci, Sugeng menyampaikan bahwa untuk pelaksana harian di lingkungan Pemkab Lamongan akan dipimpin oleh Wakil Bupati Lamongan, Abdul Rouf.

“Pemkab Lamongan akan dihandle oleh Pak Wabup KH Abdul Rouf. Semoga Pak Bupati selama menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci mendapat keridloan dari Allah SWT, diberikan kelancaran dan menjadi haji yang mabrur,” tutupnya.[riq/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar