Politik Pemerintahan

Bupati Kediri Resmikan Taman Hutan Kota dan Taman Ringin Budho Pare

Kediri (beritajatim.com) – Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno meresmikan Taman Hutan Kota dan Taman Ringinbudho di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Kehadiran dua Ruang Terbuka Hijau (RTH) tersebut diharapkan bisa mempercantik Kabupaten Kediri dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Taman Hutan Kota ada di barat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kediri di Desa Pelem. Taman ini memiliki tanah seluas 1,5 hektar. Wahana permainan anak serta wisata sumber air melengkapi fasilitas taman ini.

Pemerintah Kabupaten Kediri juga memanfaatkan sumber air yang ada untuk wahana air mancur di taman ini. Bagian belakang Taman Hutan Kota rencananya juga akan dibangun wisata Mini Zoo.

Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno mengatakan, tujuan pembangunan taman ini untuk menjadi tempat hiburan serta edukasi bagi masyarakat.

“Kita bangun taman di lahan yang ada. Harapannya agar masyarakat baik dalam maupun luar kediri bisa menikmati keindahannya dan memberikan edukasi,” kata Bupati, Senin (21/1/2019).

Bupati Kediri juga berpesan agar masyarakat supaya menjaga kebersihan di areal taman. Tak kalah pentingnya, ada puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang juga ditata agar lebih memberikan keindahan di lokasi taman.

“Jangan sampai buang sampah sembarangan agar taman kita ini selalu bersih. Nanti untuk PKL juga kita minta untuk memasang menu harga,” pesannya.

Pembangunan Taman Hutan Kota memiliki konsep berbeda dengan Taman Ringinbudho. Taman Hutan Kota ini lebih mengedepankan pengenalan alam. Sementara Taman Ringinbudho menitik beratkan pada wahana permainan.

Di lokasi yang sama, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Kutut Agung Subekti berjanji, akan melakukan pengembangan untuk mempercantik Taman Hutan Kota ini.

“Kedepan akan kita lengkapi. Jadi masih ada tahapan selanjutnya. Saat ini kita juga sudah memberikan 44 jenis tanaman yang nantinya dapat dijadikan edukasi pengenalan jenis tanaman. Sedangkan yang dibelakang rencananya akan diberi Mini Zoo,” jelasnya.

Selain dua taman di wilayah Pare, Pemerintah Kabupaten Kediri juga akan membangun kembali sejumlah taman pada tahun ini. Dua lokasi yang sudah menjadi target dalam pembangunan tersebut adalah taman di Kecamatan Papar dan taman di area wisata Totok Kerot, Kabupaten Kediri. Semua perhatian pemerintah daerah ini diberikan kepada masyarakat Kabupaten Kediri. [adv/nng].





Apa Reaksi Anda?

Komentar