Politik Pemerintahan

Bupati Kediri Peduli terhadap Pejuang Veteran

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri senantiasa menghormati perjuangan Veteran dalam memerdekaan Republik Indonesia. Hari ini Bupati Kediri memberikan perhatian dengan mengadakan silaturahmi dengan anggota LVRI se-Kabupaten Kediri bertempat di Pendopo Kabupaten Kediri. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Hadir pada acara tersebut Plt. Kepala Bakesbangpol Drs. Mujahid, M.M., Ketua LVRI Kabupaten Kediri Sumilan dan seluruh anggota veteran se-Kabupaten yang tergabung dalam LVRI (Legiun Veteran Republik Indonesia).

Legiun Veteran Republik Indonesia atau LVRI adalah organisasi yang menghimpun para veteran Republik Indonesia. Tercantum dalam Undang-Undang No. 15 Tahun 2012, bahwa negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela, serta mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mereka yang tergabung aktif dalam penugasan di bawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pertemuan ini sebenarnya sering dilaksanakan tiap tahun, yaitu pada 20 Mei bersamaan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Tahun ini dimajukan hari ini karena 20 Mei nanti bertepatan dengan bulan puasa. Kegiatan yang diselenggarakan ini tidak hanya sebagai ajang silaturahmi antar sesama veteran tetapi mempererat jalinan kekeluargaan antara pemerintah daerah dengan para anggota LVRI.

“Semangat juang dari para veteran dapat kita jadikan inspirasi dan motivasi untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan dengan melaksanakan pembangunan di segala bidang, serta meningkatkan kepedulian dan kesejahteraan para veteran sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan dan pengabdian mereka di masa lalu,” ucap Bupati.

Menurut beliau, pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri tidak akan berhasil tanpa dukungan dan keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali LVRI.

“Saya juga berharap, tidak hanya terjalin sinergitas antara program kerja LVRI dengan Pemerintah Kabupaten Kediri namun juga diharapkan adanya kontribusi pemikiran dalam rangka kemajuan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kediri,” tambah Bupati Haryanti.

Di lokasi yang sama Ketua LVRI Kabupaten Kediri, Sumilan juga menyampaikan, para veteran merupakan pejuang yang selalu berjuang hingga titik darah penghabisan. “Tak luput saat ini berperan dalam pembangunan negeri, kita akan selalu mendukung secara aktif kepada pemerintah dalam segala bidang khususnya di Kabupaten Kediri,” katanya saat diwawancarai Tim Kominfo.

“Dengan sisa veteran yang hanya 309 orang dan janda sekitar 610 orang di Kabupaten Kediri, kami LVRI sangat berterima kasih kepada Kabupaten Kediri khususnya Ibu Bupati Kediri dimana selalu memperhatikan kita veteran dalam segala aspek, mulai dari penghargaan maupun bantuan hibah yang diberikan kepada kami. Seperti halnya pembangunan kantor LVRI yang ada di Pare serta bantuan kesejahteraan,” imbuh Sumilan. Acara ini diakhiri dengan ramah tamah serta pembagian bingkisan kepada para LVRI yang hadir. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar