Politik Pemerintahan

Di Tengah Pandemi Covid-19

Bupati Kediri Irup Upacara HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI

Kediri (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 tahun 2020. Upacara di halaman belakang Pemkab Kediri tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda, Wakil Bupati Kediri Drs. H. Masykuri, MM dan Sekda Kab. Kediri Dede Sujana.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Sedangkan Komandan Upacara adalah Aif Waluyo, Kapten CHB Danramil 12 Gurah dan diiringi oleh Korsik Genderang Sangkakala Pemkab Kediri.

Peringatan HUT Proklamasi RI tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena di tahun ini bangsa Indonesia masih dalam pandemi Covid 19. Semuanya dibatasi mulai dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka hingga peserta upacaranya pun juga terbatas.

Tahun ini Paskibraka yang terpilih dan bertugas hanya 4 orang, tiga orang sebagai pengibar bendera dan satu lagi sebagai pembaca naskah UUD 1945. Sedangkan peserta hanya 15 orang saja dan semuanya harus mengikuti protokol kesehatan dengan jaga jarak dan pakai masker.

Walaupun demikian upacara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut berlangsung sangat khidmat, untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dinas Kominfo Kab. Kediri juga menyiarkan langsung upacara pagi tadi pada streaming Youtube Dinas Kominfo, serta disiarkan di AB TV, KSTV dan Dhoho TV.

Sementara itu ditemui usai upacara, Plt. Kepala Bagian Kesra Pemkab Kediri, Ari Purnomo, mengatakan, Upacara HUT RI ke-75 tahun 2020 ini memang sangat berbeda karena di tengah pandemi Covid-19.

‚ÄúDalam pelaksanaannya kami mengikuti instruksi Kemendagri dan dilaksanakan dengan sederhana, namun tidak sedikitpun mengurangi rasa nasionalisme kita. Kita juga sudah membuat himbauan kepada masyarakat untuk menghentikan aktivitas sejenak untuk memperingati detik-detik proklamasi, sebagai wujud rasa syukur biarpun masih dalam masa pandemi,” jelasnya.

“Untuk semua pejabat di lingkungan desa dan kecamatan, mengikuti upacara secara virtual yang dilaksanakan di Istana Merdeka melalui saluran televisi masing-masing. Untuk tema yang diusung pada HUT RI ke-75 ini adalah Indonesia Maju. Hal ini mengandung maksud kita harus terus maju, tetap bekerja dan tetap beraktivitas walaupun di tengah pandemi covid 19 agar jangan sampai terpuruk,” pungkasnya. [adv kominfo/nm]





Apa Reaksi Anda?

Komentar