Politik Pemerintahan

Bupati Jombang Salat Idul Adha di Masjid Agung Baitul Mukminin

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriah/2020 M di Masjid Agung Baitul Mukminin, Jombang, Jumat (31/7/2020). Dalam ibadah tersebut, seluruh jemaah mamatuhi protokol kesehatan.

Para jamaah yang memasuki masjid terlebuh dulu dites suhu badan, dan tetap jaga jarak. Bupati berangkat bersama-sama dengan Forkopimda dan Kepala OPD (organisasi perangkat daerah). Selaku Khotib DR. KH. Zaimuddin As’ad dari Ponpes Darul Ulum, sedangkan bertindak sebagai Imam Ustad Rizal Al Hafidz.

Bupati Mundjidah mengungkapkan bahwa Idul Adha adalah hari raya yang di dalamnya menyimpan berbagai peristiwa monumental dari peradaban kehidupan di bumi. Peristiwa tersebut selanjutnya diabadikan dalam sebuah ritual ibadah.

“Alhamdulillah tahun ini kita menyambut Idul Adha dengan suka cita, banyak sekali peristiwa kelabu hadir sebelum datangnya hari besar ini. Bahkan bisa dibilang tragedinya sangat memilukan. Kondisi wabah covid-19 yang sampai hari ini belum juga mereda, Namun jangan sampai membuat umat Islam kehilangan kendali akal sehatnya. Semua yang terjadi di dunia tentu atas rencana dan ketentuan Sang Maha Kuasa,” kata Mundjidah.

Bupati juga menjelaskan bahwa ibadah kurban bisa menjadi bukti kepekaan sosial masyarakat yang mampu secara ekonomi terhadap yang miskin. Kurban semakin memberikan kesadaran bahwa harta yang dimiliki bukanlah mutlak milik kita. Harta dan materi di dunia hanya titipan dari Allah SWT, yang di dalamnya terdapat hak orang lain.

“Terkait Covid-19 di kabupaten Jombang, Alhamdulillah jumlah pasien yang sembuh lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penambahan yang positif. Hal itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang tanggal 29 Juli 2020 jam 12.00 WIB. Jumlah pasien positif 511 orang. Dari jumlah itu, pasien sembuh sebanyak 385 orang (75,1 %), dirawat sebanyak 84 orang (16,4 %), dan meninggal sebanyak 43 orang (8,4 %),” papar Bupati Jombang.

Usai Sholat Idul Adha Bupati Jombang langsung menuju ke halaman belakang Masjid Agung Baitul Mukminin untuk menyerahkan hewan kurban kepada takmir masjid Baitul Mukminin. Tiga sapi kurban tersebut dari Gubernur Jatim, Bupati Jombang dan Wakil Bupati Jombang. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar