Politik Pemerintahan

Bupati Jember Peringatkan Adanya Ancaman Banjir dan Longsor di Panti

Bupati terpilih Hendy Siswanto (FOTO: Oryza A. Wirawan)

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto memeringatkan adanya ancaman bahaya banjir dan tanah longsor di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Sebagaimana rumah warga lainnya, rumahnya juga terancam banjir tersebut.

“Di ujung Panti, di lereng Gunung Argopuro, di situ ada coakan kecil isinya air, dan gunung itu retak. Ada garisnya. Kalau sampai hujan enam hari berturut-turut, mudah-mudahan tidak terjadi, coakan itu akan penuh air,” kata Hendy, dalam malam silaturahmi dengan pejabat dan tokoh masyarakat, di Pendapa Wahyawibawagraha, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat malam (26/2/2021).

“Kalau retakan itu sampai terbuka, nauzubillahminzalik, itu sampai ke rumah saya terjadinya (banjir) nanti. Air (banjir bandang) akan mengguyur sampai rumah saya. Dulu ada bantiuan dari pemerintah Jepang, retakan itu ditutup plastik. Dan sekarang plastiknya sudah tidak tahu ke mana,” kata Hendy.

Hendy ingin memaksimalkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). “Karena Jember berisiko tinggi untuk kerawanan bencana. BPBD harus ada latihannya. Kita lengkapi dengan equipment yang ada. BPBD bukan hanya mengajak ASN saja, tapi mengajak masyarakat sekitar untuk mencintai lingkungan, mengantisipasi bencana-bencana itu. BPBD harus mencari relawan sebanyak mungkin untuk penanganan kebencanaan,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar