Politik Pemerintahan

Bupati Jember Penyintas Covid, Beri Tips kepada Bupati Ponorogo

Bupati Hendy Siswanto

Jember (beritajatim.com) – Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan semangat kepada rekannya sesama kepala daerah di Jawa Timur, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan istri, yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hendy adalah penyintas Covid-19.

Hendy mengaku sempat saling kontak dengan Sugiri dan membagikan tips bagaimana menanggulangi Covid-19. “Beliau mohon doa. Saya bilang: aman, tenang saja. Tapi terus terang saja memang (kalau kena Covid), pikiran gelisah,” katanya, Selasa (22/6/2021).

 

Hendy bisa merasakan apa yang dirasakan Giri. “Kena Covid itu sedih, karena tidak bisa keluar kamar. Makanan ditaruh di depan pintu. Orang yang datang ambil makanan pakai masker semua. Aduh, kayak apa saya,” katanya. Saat itu, ia dan anaknya yang terkonfirmasi positif.

Hendy menyarankan Giri untuk berjemur “Keluar ke lapangan, tidak usah lari. Berjemur saja. Keringatnya bisa segede jagung keluar,” katanya.

“Saya lari keliling alun-alun tiga kali tidak keluar keringat kalau kondisi biasa. Lari sepuluh kali baru berkeringat. Tapi begitu kena Covid, kena panas sedikit saja, keringat sudah segede jagung. Sepuluh menit saja. Badan segar. Habis itu kita makan banyak,” kata Hendy.

Hendy sempat menjalani isolasi mandiri selama 14 hari sebelum terpilih menjadi bupati. Dia mengalami anosmia (kehilangan kemampuan membau dan mengecap rasa) selama empat hari. “Makan harus banyak dan vitamin C wajib. Buah-buahan harus banyak. Tidak boleh lapar,” katanya.

Sugiri dan istrinya terkonfirmasi positif virus corona, setelah hasil swab di RSUD dr. Harjono Ponorogo keluar. Meskipun positif, Sugiri mengaku dalam keadaan sehat, karena tanpa gejala. Dia bisa melakukan aktivitas makan, minum, berbicara, serta melakukan aktivitas dari dalam ruang isolasi mandiri. “Saya masih bisa melakukan aktivitas dari dalam ruang isolasi mandiri,” katanya, dilansir beritajatim.com, Senin (21/6/2021). [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar