Politik Pemerintahan

Bupati Jember Ingin Bangun Pabrik Pupuk Organik

Bupati terpilih Hendy Siswanto dan Wakil Bupati terpilih Firjaun Barlaman

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto ingin membangun pabrik pupuk organik yang terintegrasi dengan sektor peternakan di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Ini bagian dari solusi mengatasi persoalan ketersediaan pupuk di kalangan petani.

“Kita tidak bisa berpikir lain. Enam puluh persen sampai tujuh puluh persen masyarakat Jember adalah petani. Tentunya sampai hari ini kita hanya mengharapkan subsidi dari pemerintah pusat. Kita tahu pemerintah pusat sungguh berat mengatur kuota pupuk yang sangat terbatas,” kata Hendy, saat memberikan pidato sambutan dalam sidang paripurna serah terima jabatan kepala daerah dari Pelaksana Harian Bupati Hadi Sulistyo, di gedung DPRD Jember, Selasa (2/3/3021).

Menurut Hendy, Jember memiliki banyak ahli pertanian. “Kita punya perguruan tinggi di bidang pertanian. (Program) ini harus diwujudkan dengan memiliki pabrik pupuk sendiri. Sehingga potensi Jember tak lagi tergantung pada ketersediaan pupuk (bersubsidi) dan murah,” katanya.

Hendy berharap Jember juga bisa membantu ketersediaan pupuk petani di daerah lain di tapal kuda. “Dan Jember akan bangkit kembali pada saatnya nanti,” katanya. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar