Politik Pemerintahan

Bupati Jember Definitifkan Pejabat Eselon III dan IV Besok

Suasana upacara pengangkatan pejabat pelaksana tugas Pemkab Jember, 12 Maret 2021 lalu. [foto: jemberkab.go.id]

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto akan mendefinitifkan pejabat pelaksana tugas eselon III dan IV di tubuh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (16/7/2021). Eselon II menyusul.

“Jumat kami lantik definitif untuk eselon III dan IV. Untuk eselon II, kami akan uji kompetensi. Paling lambat Agustus. Pokoknya akhir bulan ini uji kompetensi sudah berjalan. Saya ingin (penataan) birokrasi sudah selesai semua (pada Agustus),” kata Hendy, tertawa.

Tidak semua jabatan eselon II yang akan dilelang. Lelang jabatan hanya untuk organisasi perangkat daerah yang memang sejak awal tidak memiliki pejabat definitif karena pensiun. “Mungkin hanya enam atau tujuh jabatan yang di-open biding. Kalau tidak salah. (Jabatan eselon II lainnya) langsung penetapan, cuma tetap ada uji kompetensi untuk melihat kesungguhan teman-teman,” kata Hendy.

Bagaimana hasil evaluasi kinerja para kepala OPD sejak diangkat menjadi pelaksana tugas, Jumat (12/3/2021)? “Sebagian besar bagus. Cuma (terhadap) teman-teman ini ada dua pemikiran saya. APBD sudah turun dan diterima OPD sejak disahkan (oleh gubernur), sekitar dua bulanan, sekitar 55 hari, tapi persentase serapan mereka sekitar 20 persenan. Ini kurang banyak. Sekarang sudah Juli, pertengahan tahun,” kata Hendy.

Rencananya upacara pendefinitifan pejabat ini dilakukan secara daring dan luring. “Saya kepikiran, ingin bertemu teman-teman. Mungkin pakai Zoom. Di pendapa mungkin maksimal (yang hadir) 25 orang. Pendapa ini kan kapasitasnya 150 orang. Apa boleh buat. Dua puluh lima orang ini sudah termasuk yang dilantik. Jadi yang dilantik mungkin hanya 10-15 orang, lainnya petugas (protokoler) kita semua. Lainnya nanti di kantor masing-masing pakai Zoom, nanti kita potret saat di layar bareng-bareng,” kata Hendy.

Kendati dilantik secara daring, Hendy meminta semua pejabat memakai jas resmi. “Tunjukkan kalau pakai jas dan dasi, perkara bawahnya pakai sarung terserah,” kata Hendy.

Terpisah, juru bicara Fraksi Nasdem DPRD Jember David Handoko Seto mendukung pendefinitifan pejabat itu. “Terakhir, Agustus mendatang tepat enam bulan bupati dan wakil bupati dilantik. Wes Wayahe menetapkan pejabat definitif,” katanya. [wir/suf]



Apa Reaksi Anda?

Komentar