Politik Pemerintahan

Bupati Jember: Cegah Banjir, 10 Ruko yang Roboh ke Sungai Harus Dievakuasi

Bupati Faida dan Dandim Jember melakukan sidak pasca ambrolnya Jalan Sultan Agung

Jember (beritajatim.com) – Bupati Faida menyatakan ada sepuluh rumah toko (ruko) di Jompo Shopping Center yang roboh ke Sungai Jompo, menyusul ambrolnya Jalan Raya Sultan Agung, Kabupaten Jember, Senin (2/3/2020) kemarin.

Reruntuhan 10 ruko ini yang harus segera dievakuasi. “Ini musim hujan. Dikhawatirkan kalau banjir, (material bangunan) membuntu sungai dan dapat terjadi bencana yang lebih dahsyat lagi,” kata Faida, Selasa (3/3/2020).

“Karenanya kita bersama-sama berusaha keras mengangkat reruntuhan tersebut,” kata Faida. Ada enam dump truck yang dikerahkan untuk mengangkut reruntuhan bangunan. Beton yang jatuh di sungai dipecahkan lebih dulu sebelum diangkut ke atas.

Sementara itu untuk 21 ruko lainnya akan dirobohkan ke arah jalan. “Kalau dirobohkan ke arah sungai, selain berisiko menimpa rumah penduduk sekitarnya, bisa menghambat sungai dan sulit dievakuasi,” kata Faida.

Jalan Sultan Agung harus ditutup selama dua pekan. “Mudah-mudahan bisa dipercepat,” kata Faida. Bantuan alat berat berasal dari pemerintah provinsi dan pusat. [wir/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar