Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Jember Berharap ASN Terlibat dalam BUMDes

Bupati Hendy Siswanto dan Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto berharap badan usaha milik desa (BUMDes) bisa mengambil peran dalam pengembangan perekonomian di kawasan desa di Kabupaten Jember, Jawa Timur. BUMDes tak hanya berkutat pada urusan usaha simpan pinjam.

Hendy berharap BUMDes bisa menggerakkan potensi wilayah masing-masing untuk dikembangkan. “Minimal ada ekspor-impor antardesa bisa dilakukan, dan garansi apabila kades diganti, orang-orangnya tetap bekerja di situ. Saran saya ada aparatur sipil negara yang dilibatkan dalam BUMDEs, sehingga kami bisa membantu mengontrol dan mengawasi, juga mengembangkan,” katanya, Sabtu (23/10./2021).

Hendy menyadari bahwa Pemkab Jember tidak ikut serta dalam pembentukan BUMDes. “Itu produk desa, Pemkab Jember hanya mengawal. Harapan kami, pemkab bisa ikut merencanakan, ikut melakukan pengawasan. BUMDes kan ada sisa hasil usaha. Kalau BUMDes belum maksimal, bentuknya usahanya hanya simpan pinjam, saya belum sepakat meskipun itu boleh,” katanya.

Bulan depan, rencananya akan ada acara pemantapan dan pemantauan maupun evaluasi BUMDes di Jember. “Paling lambat awal Desember 2021. Saya berterima kasih ini diadakan di Jember, karena jumlah desa banyak yakni 226 desa. Kami membantu para kepala desa agar jangan sampai salah langkah,” kata Hendy. [wir/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar