Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Jember Ajukan Hibah Lapangan Talangsari untuk BPN

Itqon Syauqi

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto melayangkan surat permohonan kepada DPRD Jember, Jawa Timur, agar melepaskan lapangan Talangsari untuk kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). DPRD Jember belum merespons permintaan itu dengan sidang paripurna.

Lapangan Talangsari adalah lapangan sepak bola di kawasan Talangsari, Kecamatan Kaliwates. “Surat sudah masuk, namun belum sempat saya disposisi ke Sekretariat DPRD Jember, karena harus ke kantor Badan Pemeriksa Keuangan di Surabaya,” kata Ketua DPRD Jember Itqon Syauqi, Sabtu (21/5/2022).

Surat bupati itu diawali surat dari BPN ke bupati dengan tembusan ke DPRD Jember pada Oktober 2021. “Mereka minta hibah lahan untuk kantor. Selasa kemarin surat dari bupati sampai ke meja saya menindaklanjuti surat dari BPN,” kata Itqon.

Itqon menilai surat permohonan bupati itu tak perlu direspons reaktif. “Semua berhak mengajukan hibah tanah atau bangunan kepada pemerintah daerah. Catatannya: harus ada persetujuan dari DPRD Jember. Jangankan lembaga vertikal seperti BPN, ormas juga boleh. Pertanyaannya kemudian bagaimana persetujuan DPRD Jember?” katanya.

Itqon mencermati dinamika yang ada di masyarakat. “Kabar baiknya telah terjadi diskusi terbuka di ranah publik soal ini. Hikmahnya ini sangat mendewasakan publik Jember. Saya bangga masyarakat Jember sangat peduli terhadap aset daerahnya,” katanya.

Pimpinan DPRD Jember akan segera melakukan rapat untuk membahas surat tersebut. Itqon berjanji mencermati dinamika di masyarakat dan mematuhi perundang-undangan selurus-lurusnya untuk menyikapi permohonan bupati tersebut. “Menurut saya pribadi, ini tidak bisa ditindaklanjuti karena kami tidak mungkin melanggar undang-undang. Undang-undang Sistem Keolahrgaan Nasional menyebutkan lapangan tidak bisa dialihfungsikan tanpa persetujuan menteri,” katanya. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar