Politik Pemerintahan

Bupati Ipong Panggil Cakades 01 dan Cakades 02, Senin Diputuskan

Ponorogo (beritajatim.com) – Pelaksanaan Pilkades serentak 2019 yang dilaksanakan pada 20 Mei lalu, sejatinya tahapannya sudah selesai, setelah bupati melantik kades terpilih. Namun, diketahui dari 198 desa yang melaksanakan, terdapat 1 desa yang sampai saat ini belum ada kejelasan, yakni di desa Pager Kecamatan Bungkal Ponorogo.

Dengan keadaan tersebut, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni mengadakan audiensi dari kedua belah pihak. Baik itu cakades nomor urut 01 maupun cakades nomor urut 02, dilaksanakan di rumah dinas bupati pada Jumat (6/7/2019) malam.

”Audiensi dengan kedua belah pihak ini yang meminta saya sendiri. Saya ingin mendengarkan langsung apa yang terjadi disana,” kata Bupati Ipong saat dikonfirmasi, Sabtu (6/7/2019) pagi.

Karena selama ini, kata Ipong, dirinya hanya mendapatkan laporan tertulis dari panitia kabupaten, panitia pengawas kecamatan maupun panitia desa. Dengan begitu, Ipong menyebut dirinya bisa tahu persis persoalannya.

Selain itu, dengan audiensi yang dilakukan, pihaknya punya suatu keyakinan dalam nanti mengambil keputusan. Karena, jika dilihat dari sisi formal dan prosedur, pilkades desa Pager ini sudah sah.

”Namun kenyataan di lapangan ada persoalan. Insya Allah hari Senin nanti saya akan putuskan,” kata politikus dari Partai Nasdem itu.

Apakah nanti keputusannya pilkades Desa Pager itu sah, atau dilakukan pemungutan suara ulang (PSU). Yang terpenting, kedua belah pihak sudah menyepakati apapun keputusan yang dibuat bupati, semua pihak harus mendukung dan menerimanya.

”Apapun nanti keputusannya, pendukung 01 maupun pendukung 02 harus menerima dan legawa,” pungkasnya. [end/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar