Politik Pemerintahan

Bupati Hendy Siapkan Desain Jember Outer Ring Road

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto menyiapkan desain JORR (Jember Outer Ring Road) dan mempercepat pembuatan rencana detail tata ruang (RDTR) Kabupaten Jember, Jawa Timur, tahun ini.

Hal ini diungkapkan Hendy, saat memberikan pidato sambutan dalam sidang paripurna serah terima jabatan kepala daerah dari Pelaksana Harian Bupati Hadi Sulistyo, di gedung DPRD Jember, Selasa (2/3/3021).

“Saat ini belum kita miliki masterplan untuk Kabupaten Jember. Dengan rencana detail tata ruang, kita bisa melihat di mana lokasi yang kita perlukan, peruntukannya untuk apa, sehingga tak terjadi lagi seperti di beberapa tempat: lahan-lahan produktif untuk pertanian digunakan untuk alih fungsi lainnya. Ini tidak boleh terjadi lagi,” kata Hendy.

Sementara, JORR akan ditempatkan di perbatasan Jember. “Selama ini Jember belum mengembangkan maksimal jumlah jalan yang kita miliki saat ini. JORR akan membantu mendistribusikan hasil-hasil pertanian yang sangat hebat,” kata Hendy.

Hendy mencontohkan produksi kopi di lereng Gunung Argopuro. “Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada jalan ke sana. Apa yang terjadi? Petani tidak mendapatkan hasil maksimal. JORR adalah jawabannya,” katanya.

JORR juga bisa bermanfaat untuk mengurangi kepadatan di kota. “Pengembangan kota akan semakin merata. JORR juga akan menarik wisatawan, menarik investor untuk datang ke Jember,” kata Hendy. Ia meminta dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. [wir/ted]


Apa Reaksi Anda?

Komentar