Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Hendy Resmikan Kebun Binatang Mini Jember yang Terilhami Kebahagiaan Jokowi

Bupati Hendy Siswanto meresmikan Jember Mini Zoo atau Kebun Binatang Mini di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto meresmikan Jember Mini Zoo atau Kebun Binatang Mini di Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (12/1/2022). Kebun binatang ini menjadi tujuan wisata edukasi yang dihuni 300 ekor dari 40 jenis satwa.

“Saya melihat ini bukan wisata biasa. Yang punya gagasan adalah anak muda milenial. Ini adalah ide kreatif dan edukasi kepada anak-anak kita agar mencintai flora dan fauna. Ini artinya mencintai alam dan artinya mencintai lingkungan kita,” kata Hendy.

Hendy berharap Jember Mini Zoo bisa terus bertahan dan berkembang. “Yang harus mendukung adalah Pemkab Jember beserta jajaran dan keluarga. Kami punya 18 ribu orang karyawan. Ditambah lagi local wisdom, kekuatan masyarakat untuk mendukung ini, insya Allah tetap bisa eksis,” katanya.

Adnan Muhammad, pemilik Jember Mini Zoo, mengaku terilhami dengan adegan Presiden Joko Widodo yang sedang bermain dengan cucu dengan memberi makan hewan. “Terlihat sangat bahagia. Kebahagiaan itulah yang menjadi dasar kami membuka Jember Mini Zoo. Kami berharap Jember Mini Zoo bisa membawa kebahagiaan bagi masyarakat Jember,” katanya.

Hewan yang ada di kebun binatang tersebut bersertifikat dan diimpor, antara lain burung unta, ular, reptil, unggas, dan mamalia. Ia masih mengurus perizinan dari lembaga konservasi agar bisa mendatangkan singa, harimau, jerapah, dan lain-lain.

Selain hewan, ada sejumlah wahana seperti kolam renang dan lokasi pemberian makan kelinci di kebun binatang tersebut. Muhammad juga akan membuka kolam pancing dan pemberian makan ikan koi. “Kami juga ada paket edukasi untuk anak sekolah. Nanti ada tour guide,” katanya.

Kebun binatang mini sempat melakukan ‘soft opening’ pada Mei 2021. Namun pandemi membuat kebun binatang itu harus tutup sementara, dan baru dibuka sekaligus diresmikan bupati saat ini. [wir/kun]


Apa Reaksi Anda?

Komentar