Politik Pemerintahan

Bupati Hendy: Bahas APBD Jangan Terlalu Lama, Rakyat Menunggu

Jember (beritajatim.com) – Bupati Hendy Siswanto segera menyurati DPRD Jember, Jawa Timur, untuk mengagendakan pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2021.

Rencananya, surat itu akan dilayangkan Senin (29/2/2021). “Saat ini kita masih belum punya APBD. Dengan semangat kolaborasi, sinergi, dengan kecepatan akselerasi, kami sangat berharap, terutama kepada teman-teman eksekutif, jajaran OPD (Organisasi Perangkat Daerah), harus bersinergi dengan teman-teman legislatif,” kata Hendy, saat menyampaikan pidato perdana sebagai bupati dalam malam silaturahmi dengan pejabat dan tokoh masyarakat di Pendapa Wahyawibawagraha, Jumat (26/2/2021) malam.

Hendy menyatakan, legislatif adalah manifestasi perwakilan rakyat di Jember. “Saya dan Gus Firjaun diperintah masyarakat Jember untuk menjadi pelayan masyarakat Jember. Tentunya kami akan melayani semaksimal mungkin teman-teman Dewan,” katanya.

Hendy berharap, jika dalam pembahasan APBD antara eksekutif dan legislatif terjadi perselisihan, segera bisa diselesaikan. “Catatannya satu: harus cepat. Karena Jember sudah tidak membutuhkan lagi lama-lama. Sudah lama Jember ini lapar. Justru sekarang ini apapun koreksinya dari teman-teman (DPRD Jember) dengan tangan terbuka akan kami terima,” katanya.

Koreksi tersebut akan menjadi tolok ukur bersama yang terstruktur dan konstruktif bagi eksekutif. “Agar kami bisa menyelesaikan secara cepat. Jangan lama-lama lagi. Rakyat menunggu yang kita lakukan. APBD adalah urat nadi penyelenggaraan pemerintahan. Pemerintahan ada kalau ada eksekutif dan lagislatif. Itu kunci utamanya. Urat nadi itu akan bisa bergerak, jika keduanya bisa bersinergi, berkolaborasi, dan ada akselerasi di situ,” kata Hendy.

Hendy juga meminta kepolisian dan kejaksaan membantu untuk mengarahkan pemerintah daerah agar tak salah langkah. “Kami belum punya pengalaman jadi bupati. Baru kali ini jadi bupati,” katanya disambut tepuk tangan hadirin. [wir/kun]



Apa Reaksi Anda?

Komentar