Politik Pemerintahan

Bupati Gus Muhdlor Libatkan Arsitek Kelas Nasional Percantik Kota Delta

Sidoarjo (beritajatim.com) – Keseriusan Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) merevitalisasi sejumlah titik ruang terbuka hijau (RTH) mempercantik Kota Delta dibuktikan dengan melibatkan arsitek kelas nasional, Andra Martin.

Andra Martin diminta merancang revitalisasi sejumlah RTH di Sidoarjo seperti di pusat kota Sidoarjo, Alun-alun Sidoarjo, perempatan Taman Pinang Indah, Taman Tanjung Puri, Waru, Jalan Raya Pondok Tjandra Jalan Raya Juanda dan Bundaran Aloha.

Gus Muhdlor ingin wajah Sidoarjo berubah menjadi fresh dengan banyaknya taman-taman yang tentunya dibangun dengan tidak asal-asalan. Ia ingin pembangunan RTH di Sidoarjo digarap serius agar bisa dinikmati warga Sidoarjo.

“Dengan melibatkan arsitek tingkat nasional kita akan merancang pembangunan RTH dengan konsep kelas nasional. Karena Sidoarjo ini kota besar dengan pendapatan daerah yang cukup besar maka masyarakat harus mendapatkan fasilitas publik seperti Taman yang terlihat indah dan cantik,” kata Gus Muhdlor usai keliling Sidoarjo bersama Andra Matin, Senin (5/4/2021).

Gus Muhdlor ingin semua ruang terbuka hijau dibangun dengan konsep ramah untuk semua dan mengedepankan estetis. Untuk mewujudkan itu Gus Muhdlor mempercayakan konsep pembangunan RTH kepada yang sudah ahlinya.

Karya Andra Martin sendiri sudah banyak diakui baik tingkat nasional maupun internasional. Sejumlah penghargaan pernah diraih, salah satunya adalah Wallpaper Architecture Directory menobatkan Andra Matin sebagai salah satu arsitek, dari 101 arsitek dunia, yang paling berkiprah pada tahun 2007.

Nama Andra Martin sudah tidak asing lagi di kalangan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI). Pria bernama lengkap Isandra Matin Ahmad sengaja diajak Gus Muhdlor keliling Kota Delta mulai dari Pendopo Delta Wibawa, Kantor Sekretariat Daerah, Alun-alun Sidoarjo, Taman Tanjung Puri, kemudian exit Tol Pondok Tjandra Waru.

Andra Martin merancang konsep dengan penyelarasan paradigma pendekatan arsitektural dalam pembangunan Sidoarjo. Konsep ini akan dipaparkan dihadapan Bupati dan Wakil Bupati bersama jajaran OPD terkait.

“Membangun tidak sekedar membangun, tetapi harus dengan pendekatan arsitektural yang serius. Sehingga bangunan/ruang bukan hanya layak secara teknis dan fungsi tapi juga harus estetis,” terangnya.

Ia juga menekankan harus dibangun pemahaman bahwa bangunan/ruang harus menjadi oase estetika bagi daerah seperti Sidoarjo.

Dalam waktu dekat konsep revitalisasi RTH Sidoarjo yang dirancang Andra Martin akan diserahkan kepala Bupati Gus Muhdlor selanjutkan direalisasikan. (isa/kun)



Apa Reaksi Anda?

Komentar