Iklan Banner Sukun
Politik Pemerintahan

Bupati Gus Muhdlor Ingin Masjid Jadi Tempat Perkembangan Budaya

Sidoarjo (beritajatim.com) – Pengurus Pimpinan Daerah Dewan Masjid Indonesia/DMI Kabupaten Sidoarjo masa bakti 2021-2026 resmi dilantik. Pelantikan dilakukan Pimpinan Wilayah DMI Provinsi Jawa Timur di di pendapa Delta Wibawa, Sabtu (6/8/2022).

Pelantikan tersebut menetapkan H. Imam Mukozali sebagai Ketua PD DMI Kabupaten Sidoarjo yang baru. Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor) serta Ketua PW DMI Provinsi Jawa Timur KH. M Roziqi hadir dalam pelantikan itu.

Bupati meminta ada sinergitas utuh antara DMI dengan pemerintah Kabupaten Sidoarjo. DMI diharapkan ikut mendukung visi misi bupati dan wakil bupati Sidoarjo. Salah satunya mewujudkan Sidoarjo berkarakter.

Selain itu, Gus Muhdlor menginginkan pengurus DMI tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ritual beribadah. Namun keberadaan masjid diharapkan juga menjadi tempat bangkitnya perekonomian. Atau bahkan mungkin menjadi tempat perkembangan budaya.

“Dalam waktu satu dua tahun ini kami ingin merubah masjid menjadi pusat-pusat yang lain. Bisa juga masuk ekonomi, kesehatan, pendidikan, sosial maupun budaya,” katanya.

Bahkan, diungkapkan Gus Muhdlor, dalam beberapa tahun ini dirinya sudah menginstruksikan kepada camat untuk menjadikan masjid sebagai tempat perkembangan budaya. Bentuknya dengan kegiatan Ishari (Ikatan Seni Hadrah Indonesia) di setiap masjid yang ada.

Selain itu kesenian pencak silat juga diharapkan menjadi bagian dari kegiatan yang ada di masjid. Sisi budaya itu akan digenjotnya. Alasannya budaya seperti ini menjadi benteng terbaik bagi generasi muda diera digital. “Jadi jenengan jangan kaget kalau nanti ada izin setiap malam Minggu masjid akan dibuat latihan pencak silat dan sebagainya,” tukasnya.

Dalam kesempatan tersebut diberikan bantuan uang kehormatan imam masjid dari PW DMI Jatim. Besarannya Rp. 2,5 juta per orang yang diberikan kepada 350 orang imam masjid di Kabupaten Sidoarjo. Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Sidoarjo kepada 20 orang imam masjid. [isa/suf]


Apa Reaksi Anda?

Komentar