Politik Pemerintahan

Bupati Faida Tak Penuhi Panggilan Bawaslu Jember Dua Kali

Andika Firmansyah, Bawaslu Jember

Jember (beritajatim.com) – Bupati Faida sudah dua kali tak memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu Kabupate Jember, Jawa Timur. Hari ini kehadirannya ditunggu Bawaslu.

Bawaslu Jember hendak mengklarifikasi video yang beredar di media sosial. Dalam video itu, Faida diduga sedang mengampenyakan suaminya, Abdul Rohim, yang tengah mencalonkan diri jadi anggota DPR RI dari Partai Nasdem.

“Ada larangan bagi perangkat desa untuk ikut serta dan terlibat dalam kampanye pemilihan umum atau pemilihan kepala desa. Mangkane ojok bengok-bengok Pak Rohim. Sing penting dicoblos,” katanya di hadapan perangkat desa, medio Desember 2018.

Komisioner Bawaslu sudah mengumpulkan barang bukti dan memeriksa saksi-saksi. “Saat undangan klarifikasi pertama, bupati sedang ke Jakarta. Kami melayangkan undangan klarifikasi kedua. Tapi beliau sedang ada acara memberi arahan kepada calon PNS,” kata Andika Firmansyah, salah satu komisioner.

Dua kali tak hadir, Bawaslu Jember memberi kesempatan ketiga kepada Faida untuk hadir hari ini. “Undangan ketiga sudah dilayangkan,” kata Andika.

Jika Faida tak hadir, Bawaslu tetap melanjutkan proses pembahasan dugaan pelanggaran tersebut. “Kami tetap akan melakukan kajian berdasarkan bukti-bukti yang ada,” kata Andika. [wir/suf]






Apa Reaksi Anda?

Komentar