Politik Pemerintahan

Bupati dan Wabup Lumajang Sidak 26 Koperasi Salahi Aturan

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq saat sidak Koperasi

Lumajang (beritajatim.com) – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq bersama Wabup Indah Amperwati sama-sama melakukan sidak terhadap koperasi yang diduga melanggar aturan dan perizinan, Senin (20/4/2020). Ada sebanyak 26 koperasi yang ditenggarai melakukan usaha tidak sesuai aturan dan membebani masyarakat.

Cak Thoriq melakukan sidak di 11 Koperasi dan Bunda Indah mendatangi 15 koperasi di wilayah Utara Lumajang. “Dari 2 koperasi yang saya datangi, tidak melakukan Rapat Anggota Tahunan atau RAT,” kata Cak Thoriq saat sidak ke Koperasi Mitra Mulya pada wartawan.

Lanjut dia, Untuk Mitra Mulya diketahui selama 6 tahun tidak pernah melakukan RAT. Sehingga anggota yang meminjam uang tidak tahu seperti apa modalnya dan pengembangannya.”Ini sama dengan Koperasi Rahayu Jawa Timur,” ungkapnya.

Bunda Indah yang juga mendatangi Koperasi diduga menyalahi aturan ada yang tidak memiliki ijin pembukaan cabang. Bahkan, ada koperasi yang tutub di Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono.
“Yang melanggar disegel,” jelasnya.

Sidak terhadap 26 Koperasi sesuai dengan pengaduan masyarakat yang masuk ke ponsel pribadi Bupati dan wabup. Pasalnya, ditengah wabah, pihak koperasi melakukan penangihan pinjaman dan meresakan masyarakat. (har/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar