Politik Pemerintahan

Bupati Blitar Salurkan 353 KIS, Jamin Kesehatan Anak Panti Asuhan

Blitar (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Blitar menyerahkan bantuan salah satunya Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada perwakilan 3 orang anak panti asuhan di Kabupaten Blitar.

Pemberian KIS itu berlangsung pada kegiatan Penyerahan Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Kabupaten Blitar, Dana Hibah, KIS-PBID dan Akta Lahir oleh Ibu Bupati Blitar di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro Blitar, Jum’at (7/10/2022).

Penyerahan bantuan ini merupakan salah satu wujud penyelenggaraan kesejahteraan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar warga negara, khususnya di Kabupaten Blitar.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Bambang Dwi Purwanto, mengatakan penerima KIS ini merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen peserta penduduk Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar yang terdiri dari 353 anak-anak panti asuhan di Kabupaten Blitar.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud penyelenggaraan kesejahteraan sosial sebagai upaya yang terarah dan terpadu serta berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar dan masyarakat Kabupaten Blitar dalam bentuk pelayanan sosial. Penerima KIS, kita bantu saudara, adik-adik kita, generasi penerus bangsa ini. Terima kasih kepada BPJS Kesehatan atas kerja sama yang baik selama ini,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Blitar, Rini Syarifah menyebutkan data anak-anak panti asuhan di Kabupaten Blitar ada sekitar 1.000 jiwa, yang belum terdaftar dalam kepesertaan penduduk PBPU dan BP yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar sekitar 647 jiwa.

Rini menyampaikan akan segera menindaklanjuti bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Blitar untuk memenuhi kebutuhan administrasi atau verifikasi data tersebut.

“Maka kepada Dukcapil, bagi anak yang tidak punya orang tua mungkin bisa kerja sama dengan Pengadilan Agama untuk memenuhi kelengkapan administrasi ini. Untuk itu saya berharap seluruh pihak yang hadir bisa mendukung penuh langkah-langkah pemerintah dalam mewujudkan percepatan pembangunan di Kabupaten Blitar agar terwujud Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera,” ujarnya.

Sebagai penyelenggara JKN, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kediri, Hernina Agustin Arifin mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar.

Menurut wanita yang akrab dipanggil Ina ini, penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang digaungkan Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar selaras dengan penyelenggaraan Program JKN, khususnya dalam penjaminan pelayanan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia.

“Tentu ini juga menjadi salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar untuk menyukseskan penyelenggaraan Program JKN di Kabupaten Blitar dalam mencapai cakupan semesta (Universal Health Coverage). Mengingat saat ini capaian kepesertaan di Kabupaten Blitar 64,36 persen dari total jumlah penduduk, atau sejumlah 791.727 jiwa yang sudah terdaftar sebagai peserta JKN. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan derajat hidup masyarakat di Kabupaten Blitar,” jelasnya.

Sebagai salah satu penerima bantuan KIS yang hadir saat itu, Reza Meilinda Pratiwi (17), mengaku senang mendapatkan bantuan KIS segmen peserta penduduk PBPU dan BP yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar. Baginya, dengan mempunyai JKN akan bermanfaat nantinya ketika sakit.

“Senang, karena kan bisa membantu kalau nanti sakit, bisa membantu biayanya. Terima kasih untuk Pemerintah Kabupaten Blitar dan BPJS Kesehatan yang sudah membantu melalui KIS ini,” ujarnya. [nm/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar