Politik Pemerintahan

Bupati Beri Apresiasi Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Jombang 2020

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat menyampaikan sambutan di acara Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata, Rabu (23/9/2020)

Jombang (beritajatim.com) – Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terlaksanaya Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata yang bertempat di salah satu hotel di Kota Santri, Rabu (23/9/2020).

Sebab, menurut buoati, masih banyak potensi wisata di Kabupaten Jombang yang harus dimaksimalkan pengelolannya agar ada perubahan. “Produk destinasi wisata di Kabupaten Jombang sangat berpotensi. Diantaranya, obyek wisata alam, budaya, kuliner. Ini harus dikembangkan dan ditingkatkan agar mampu menarik wisatawan,” tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Penataan destinasi pariwisata perlu diperhatikan agar menjadi nilai tambah. Diharapkannya melalui kegiatan ini bisa mewujudkan peningkatan kapasitas dan profesionalisme masyarakat sekitar destinasi wisata serta pelaku usaha pariwisata dalam pengelolaan kepariwisataan di Jombang.

Dengan adanya pelatihan ini desa yang punya destinasi wisata jadi lebih yakin dan percaya diri untuk mengembangkan potensi wisata untuk mendapatkan pemasukan, sekaligus ikut mensejahterakan masyarakat sekitar.

“Saya berharap setelah pelaksanaan pelatihan ini Dinas terkait dapat melakukan pembinaan secara bertahap sehingga penataan destinasi pariwisata kita dapat tertata baik dan berdaya saing,” tutur Bupati Jombang.

Bupati melanjutkan, diperlukan kerjasama semua pihak baik pelaku/pengelola, masyarakat maupun pemerintah mulai dari desa/kecamatan, pemerintah kabupaten ke depan untuk menggiatkan lagi usaha pariwisata di Jombang.

Upaya yang bisa dilakukan dalam jangka pendek adalah bagaimana mulai mempersiapkan suatu tatanan baru (new normal) atau dengan adaptasi kebiasaan terbaru khususnya di bidang pariwisata.

Para peserta pelatihan adalah perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Jombang. Di antaranya Pokdarwis Desa Ngampungan Pandansili Bareng, serta Pokdarwis Jambu Gondangmanis Bandarkedungmulyo.

Kemudian Pokdarwis Argo Wayang Desa Galengdowo Wonosalam, Pangeran Benowo Desa Wonomerto Wonosalam, serta Desa Cadang Wulung Kecamatan Wonosalam. Sedangkan penyelnggaranya adalah Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) setempat. [suf]





Apa Reaksi Anda?

Komentar