Politik Pemerintahan

Bupati Anas Masuk Kandidat Pimpinan Ibu Kota Baru

Banyuwangi (beritajatim.com) – Presiden Joko Widodo berencana membentuk Badan Otorita di Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur. Sejumlah nama disebut untuk mengisi pucuk pimpinan di tempat tersebut.

Salah satu nama yang santer terdengar dan disebut Presiden Jokowi adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas serta tiga nama lain yakni Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, dan Tumiyono.

Menanggapi hal itu, Bupati Anas menyebut dirinya menunggu panggilan. “Tunggu saja, saya belum dihubungi sama sana,” kata Bupati Anas usai menemui kunjungan kerja Bupati Pacitan di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Selasa (3/3/2020).

Anas juga mengatakan dirinya belum mendapat kabar soal itu. Sambil tersenyum Dia mengatakan sabar. Dari pertanyaan sejumlah wartawan, kali ini Bupati Anas nampak yakin dan siap mengemban tugas barunya itu. Dibandingkan dengan saat dirinya ditanya soal kemungkinan kandidat menjadi menteri beberapa waktu lalu. “Sabar, kita tunggu, fix apanya lha belum dapat kabar, sabar saja nanti pasti saya kabari,” ujarnya sambil tertawa.

Apalagi, jika dilihat dari track record saat menjadi pemimpin Banyuwangi, Bupati Anas sudah layak menatap masa depan di pemerintahan lebih tinggi. Terlebih, masa baktinya di Bumi Blambangan juga tinggal sejengkal dengan menorehkan prestasi yang cukup bagus.

Tak diragukan lagi, Banyuwangi dibawanya meraih Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) A tiga kali berturut-turut. Bahkan, kini dirinya mentargetkan SAKIP A plus.

Banyuwangi yang dulunya hanya terkenal dengan sebutan Kota Santet, kini menjadi daerah yang maju, serta ramah internet. Tingkat kemiskinan warganya turun seiring pertumbuhan ekonomi, pariwisata dan berbagai bidang yang terus berkembang. Serta masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh Banyuwangi.

Sebelumnya, dari berbagai sumber Presiden Jokowi telah memegang sejumlah nama yang akan ditunjuk sebagai pemimpin Badan Otorita IKN. Pengumuman keputusan akan disampaikan presiden dalam waktu dekat. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar