Politik Pemerintahan

Bupati Anas Ingatkan Bahaya Covid di Usia Baya

Banyuwangi (beritajatim.com) – Banyaknya warga yang terinveksi virus corona, terus menjadi perhatian dari pemerintah kabupaten Banyuwangi. Kondisi itu yang menggugah upaya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas untuk terus kampanye protokol kesehatan.

Hal itu demi mencegah penyebaran virus corona di tengah masyarakat. Terlebih, pasien konfirmasi covid 19 di Banyuwangi terus bertambah.

“Semakin beragamnya latar belakang warga yang terinfeksi virus corona ini, saya kembali mengingatkan warga untuk tetap waspada. Patuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir. Ini penting dilakukan untuk menekan penyebaran covid-19 di Banyuwangi,” kata Bupati Anas, Kamis (13/8/2020).

Secara spesifik, Anas mengimbau khususnya warga berusia paruh baya. Kenapa? karena warga di usia itu memiliki risiko lebih tinggi tertular virus dari pada warga berusia muda.

“Juga mereka yang memiliki penyakit bawaan (komorbid). Tolong dijaga dengan baik para orang tua, untuk sementara diupayakan jangan ke luar daerah. Enggak usah salaman dulu kalau ketemu orang ya, hindari kontak fisik,” kata Anas.

Selain itu, Anas juga mengimbau agar masyarakat bersama babinkamtibmas berperan aktif melakukan monitoring pelaksanaan protokol kesehatan di wilayahnya. Babinkamtibmas diminta tegas menegur warung maupun destinasi wisata yang ketahuan melanggar protokol kesehatan covid-19. “Kalau ada warung yang tidak patuh protokol kesehatan misalnya pelayannya tidak memakai masker, silakan langsung ditegur dengan baik. Kalau bandel, silakan ambil sanksi. Ini demi kebaikan kita bersama,” tegas Anas.

Dalam kesempatan itu, Anas menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako dari skema gotong royong para ASN kepada warga terdampak pandemi Covid-19 di dua lokasi, yakni Kantor Desa Jajag dan Kantor Desa Wringinagung di Kecamatan Gambiran. “Mudah-mudahan bantuan ini bisa meringankan beban bapak/ibu yang ekonominya belum bisa pulih akibat pandemi,” pungkasnya. (rin/kun)





Apa Reaksi Anda?

Komentar