Politik Pemerintahan

Bupati Anas: Bawaslu, Panwascam Jangan Main-main

Banyuwangi (beritajatim.com) – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas meminta agar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan bekerja amanah dan profesional melaksanakan tugasnya dalam mengawal Pemilihan Kepada Daeah (Pilkada) 2020.

“Dengan kemudahan teknologi, sekarang konflik seperti apapun mudah terdeteksi, wilayah-wilayah yang kalah itu mudah diketahui, sehingga sebenarnya ini memudahkan kita untuk tidak main-main melakukan upaya baru yang melanggar keinginan rakyat dari setiap peristiwa politik apapun,” jelas Bupati Anas, saat menghadiri pelantikan anggota Panwascam, di Ruang Rapat Khusus Gedung DPRD Kabupaten Banyuwangi, Senin (30/12/2019).

Pelantikan ini diikuti oleh 75 anggota Panwascam dan dilantik oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kabupaten Banyuwangi. Panwascam, kata Anas, ini harus segera bekerja keras mengawal demokratisasi di ranah Bumi Blambangan.

“Sesuai tugas pokok dan fungsinya seperti yang diharapkan bersama. Bekerjalah secara profesional dan amanah, agar pelaksanaan pemilu nanti berjalan dengan aman dan sukses,” kata Anas.

Biasanya, lanjut Anas, pada pelaksanaan Pilkada itu rawan terjadi kerawanan konflik dan kecurangan. Dalam posisi ini Bawaslu dan Panwascam memilki peran penting untuk mereda terjadinya konflik.

“Karenanya, kami minta Bawaslu dan Panwascam mampu mereda berbagai konflk,” ujarnya.

Selain itu, Panwascam diharapkan bisa menjadi lembaga yang mampu mencegah dan menangani pelanggaran pemilu. Panwascam juga diminta untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak terkait, sehingga jika ada kesulitan dalam menghadapi pemilu bisa diselesaikan dengan bijak.

“Adanya Panwas akan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, sekaligus mengawal integritas penegakan hukum pemilu,”

“Ingat Panwascam ini memiliki tugas mulia sebagai penentu nasib saat pelaksanaan Pilkada. Selain harus bisa koordinasi juga bisa bersikap netral dan sesuai fungsinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Banwaslu Kabupaten Banyuwangi, Hamim, menambahkan agar Panwascam dan Bawaslu bisa bekerjasama melaksanakan pengawasan pilkada 2020.

“Selau jaga integritas dan tingkatkan keharmonisan dan tunduk kepada peraturan. Mari kita jadikan lembaga kita sebagai integritas dan kebanggaan, patuhi aturan dan pelajari aturan.Jangan melanggar undang-undang,,” ujarnya.

Hamin juga mengucapkan selamat kepada seluruh panwascam yang baru dilantik. “Panwascam ini harus bangga, karena perekrutan dilakukan melalui seleksi. Karena itu bekerjalah dengan sepenuh hati,” pungkasnya. [rin/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar